Medan | rakyatmedan – Festival Kreativitas Anak Bangsa ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda bersuara emas yang dapat mengharumkan nama Sumut pada umumnya Kota Medan khususnya di kancah nasional maupun internasional.

Harapan ini disampaikan Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat pada saat menghadiri Festival Kreativitas Anak Bangsa Provinsi Sumut Tahun 2019 di Taman Budaya Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (10/08/2019).

Festival yang memperlombakan vokal solo lagu-lagu kebangsaan dan mewarnai ini dibuka langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut, dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes.

Dikatakan Renward, Pemko Medan sangat mengapresiasi festival kreativitas anak bangsa sumut. Sebab dengan adanya festival ini dapat mengembangkan bakat anak-anak khususnya di bidang seni. Apalagi Kota Medan memiliki generasi muda yang memiliki suara emas.

“Saya sangat mengapresiasi festival ini karena dapat mengembangkan bakat dan minat anak-anak. Apalagi Kota Medan sangat dikenal memiliki generasi yang bersuara emas. Contohnya seperti Fatin Shidqiya dan Maria yang berhasil keluar sebagai pemenang kontes di salah satu TV swasta ternama di Jakarta,” kata Renward.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Dr Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes mengatakan festival lagu kebangsaan ini diharapkan mampu mengajak sekaligus mengedukasi anak agar terus mengetahui lagu sejarah yang disumbangsih para pahlawan terdahulu.

“Dengan adanya festival ini, diharapkan dapat mengajak dan memberi edukasi kepada anak agar menjaga dan mengenal perjuangan dan jerih payah para pahlawan yang dituangkan dalam sebuah syair dan melodi,” harapnya.

Selain mengedukasi anak, lanjut Ria, festival anak ini juga diharapkan agar generasi muda Sumatera Utara memiliki kegiatan yang positif guna terhindar dari bahaya narkoba yang saat ini sangat marak.

“Maraknya narkoba saat ini semakin membuat kita cemas. Kita takut anak kita akan terkontaminasi dari teman sekelilingnya yang lebih dahulu terkena narkoba. Jadi dengan kita menyupport dia (anak-anak) mengikuti hal-hal positif seperti ini, kita berharap mereka dapat tumbuh kembang dengan hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Acara yang dimulai pukul 10.00 wib berlangsung lancar. Seusai pembukaan lomba menyanyi, Plt Kadis Pariwisata Kota Medan bersama Kadis Pariwisata Sumut langsung meninjau ruangan perlombaan mewarnai untuk tingkat TK/PAUD. (rm-05)