Medan | rakyatmedan – Sebanyak 8 pelajar dari Kota Ichikawa Jepang kunjungi Kota Medan. Kunjungan ini dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan kota kembar Kota Medan dengan Kota Ichikawa Jepang.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi ketika menerima Kunjungan Pelajar dari Kota Ichikawa Jepang di Balai Kota, Selasa (13/08/2019).

Melalui kunjungan ini diharapkan dapat bertukar ilmu pengetahuan, serta dapat mengembangkan dialog dan kesepahaman antar pelajar dari berbagai negara.

Kehadiran 8 pelajar Ichikawa berada di Kota Medan mulai 12 sampai 20 Agustus 2019. Mereka tinggal di rumah orangtua asuh masing-masing.

Selain melakukan program pertukaran pelajar, ke 8 pelajar itu akan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI serta menyaksikan karnaval serta makan malam bersama Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH.

Ke delapan pelajar Ichikawa ini, akan magang di sejumlah sekolah di Medan adalah Ruka Kiuchi (SMA Negeri 1 Medan), Chiharu Suda (SMA Negeri 1 Medan), Kana Yoshino (SMA Negeri 1 Medan), Shuhei Nimura (SMA Negeri 1 Medan), Arika Wada (SMA Prime One), Hinaka Tanno (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), Aoi Sudo (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), dan Satoru Tsumura (SMA Harapan 1).

Didampingi Asisten Ekbang Setda Kota Medan Khairul Syahnan, Kabag Hubungan Antar Daerah Kota Medan, Rivai Nasution, serta Kabag Hubungan Masyarakat Setda Kota Medan Arrahman Pane, Wakil Walikota mengucapkan selamat datang di Kota Medan, dimana Kota Medan merupakan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara, luasnya 26.510 hektar, terdiri dari 21 kecamatan dengan 151 kelurahan dan 2001 kepala lingkungan. Penduduk tetapnya lebih kurang 2,4 juta jiwa dengan arus komuter lebih kurang 500 ribu, yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama, namun syukur alhamdulillah semuanya dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga Kota Medan selama ini relatif dalam suasana kondusif.

“Saya ucapkan selamat datang ke Kota Medan dan berharap selama di Kota Medan merasa senang dan betah dan nantinya kembali ke Ichikawa dapat membawa pengalaman yang berharga,” ucapnya.

Disamping itu, Akhyar juga mengungkapkan bahwa pertukaran pelajar ini merupakan bagian dari peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin pada berbagai sektor kehidupan, khususnya antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa.

“Saya rasa program ini cukup efektif dalam dunia pendidikan, selain bertukar ilmu pengetahuan, pelajar Kota Ichikawa di Kota Medan ini mendapat pengalaman serta memiliki jaringan pertemanan baru yang dapat terus terjalin hingga dewasa nantinya,” ungkapnya.

Akhyar juga berharap selama para pelajar tinggal di Kota Medan, dapat merasa nyaman sebagaimana rasanya tinggal di Kota Ichikawa sendiri, sehingga cita rasa dan keindahan Kota Medan akan meninggalkan kesan yang baik dan positif kepada para pelajar sekalian ketika kalian akan pulang kembali ke Kota Ichikawa, Jepang.

“Saya juga berharap para pelajar dapat menjadi duta budaya dan persahabatan bagi masyarakat Kota Medan. Perkenalkanlah Kota Ichikawa kepada masyarakat Kota Medan, tetaplah bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di Kota Medan ini.

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota juga memperkenal buah-buah khas Medan, salah satunya memperkenalkan buah manggis kepada para pelajar Kota Ichikawa.

Diakhir pertemuan, Wakil Walikota memberikan cinderamata kepada para pelajar Kota Ichikawa Jepang. (rm-05)