Medan | rakyatmedan – Guna memberikan layanan pendidikan yang baik dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter, Pemko Medan membentuk tim ahli yang akan menciptakan sebuah sistem inovasi daerah berupa sistem informasi berbasis aplikasi terkait profil sekolah dan rayon sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan.

Hal ini diungkapkan Drs Halim selaku Kabid Pemerintahan, Pengkajian Peraturan, Inovasi dan Tekhnologi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan ketika memimpin Rapat Koordinasi Sistem Inovasi Daerah di Balai Kota, Rabu (14/08/2019).

Tujuan rapat tersebut yakni menguatkan sinergitas dalam rencana pembangunan sistem aplikasi terkait informasi profil dan rayon sekolah sehingga diharapkan mampu memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui dan menjangkau informasi mengenai sekolah di Kota Medan lewat aplikasi berbasis tekhnologi berupa website.

“Rapat hari ini merupakan bentuk tanggungjawab kita semua dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Dengan perumusan rencana pembuatan aplikasi ini, kita berharap masyarakat terlebih bagi para orang tua dapat lebih mudah mengetahui profil dan rayon sekolah sehingga mereka dapat menentukan pilihan sekolah terbaik bagi anak-anaknya,” kata Halim.

Halim menambahkan selama ini sistem informasi yang sudah ada khususnya di Dinas Pendidikan sudah baik. Namun, melihat perkembangan tekhnologi yang terus berkembang, pihaknya mengatakan perlu dilakukan inovasi agar sistem dan pelayanan pendidikan di Kota Medan dapat lebih bermutu dan maju.

Oleh karenanya, Halim berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat khususnya di bidang pendidikan.

“Kesepahaman ini harus kita bangun bersama. Terlebih hal ini menyangkut masa depan anak bangsa yang ingin menentukan tempatnya menimba ilmu. Apalagi Bapak Walikota dan Wakil Walikota berkomitmen penuh mewujudkan Kota Medan menjadi kota mampu menghasilkan generasi penerus yang bermutu lewat pelayanan publik yang maksimal dan prima,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Mhd Zulfansyuri yang juga Dosen Informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan memaparkan, tujuan yang dicapai lewat sistem informasi profil dan rayon sekolah antara lain adalah memberi kemudahan bagi masyarakat mencari informasi sekolah.

Selain itu juga lanjut Zulfansyuri bertujuan untuk mendukung peningkatan efisiensi, efektif dan sinergi kegiataan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kota Medan dengan berbasis online.

“Lewat sistem inovasi yang nantinya bisa kita wujudkan ini, kami berharap dapat membantu Pemko Medan dalam memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Selain itu juga, kehadiran sistem informasi ini dapat meminimalisir terjadinya konflik terkait penerimaan siswa baru. Dengan demikian, seluruh anak dapat memilih dan menentukan sekolah sesuai dengan yang diminatinya,” paparnya.

Rapat yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut turut dihadiri perwakilan OPD terkait di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo Kota Medan, Bagian Sosial dan Pendidikan Setdako Medan dan sejumlah tim ahli yang terdiri dari para akademisi. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti jalannya rapat yang diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi. (rm-05)