Medan | rakyatmedan – Sebanyak 33 mahasiswa dari Universitas HKBP Nommensen dilepas untuk mengikuti untuk mengikuti program International Program of Credit Earning (kuliah 1 semester) angkatan tujuh ke berbagai universitas yang ada di Taiwan.

Para mahasiswa yang akan berangkat ke Taiwan ini dilepas Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi didampingi Asisten Umum Rendward Parapat, Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak, di halaman Kantor Walikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu (14/08/2019).

Dihadapan mahasiswa, Wakil Walikota mengucapkan apresiasi dan bangga kepada mahasiswa yang akan berangkat ke Taiwan.

“Pemerintah Kota Medan bangga dengan kalian, bawa dan jaga nama baik almamater kalian, serta jangan lupa untuk selalu membanggakan nama Indonesia khususnya Kota Medan pada masyarakat di luar Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Akhyar mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu bekal yang akan mampu mengantarkan seseorang kepada cita-cita yang ia impikan. Menempuh pendidikan bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

“Pergunakanlah kesempatan ini untuk belajar dan menimba ilmu sebanyak mungkin dari Negeri Taiwan. Jangan sia-siakan biaya, waktu dan pengorbanan keluarga kalian yang telah merelakan kalian menuntut ilmu hingga ke Taiwan,” ungkapnya.

Kemudian Akhyar mengatakan, untuk menempuh pendidikan di negeri orang meskipun hanya satu semester bukanlah hal yang mudah dilakukan, pasti akan banyak hambatan tentunya. Hambatan tersebut salah satunya berupa perbedaan budaya.

“Jaga selalu nama baik Kota Medan, jangan sampai kalian kehilangan jati diri kalian sendiri, banggalah menjadi orang Indonesia,” kata Akhyar.

Disamping itu, tambah Akhyar, perkenalkanlah Kota Medan kepada masyarakat Taiwan bahwa Sumatera Utara ataupun Kota Medan adalah kota yang multikultural serta memiliki destinasi wisata yang begitu luar biasa. Salah satu wisata yang terkenal di Sumatera Utara yakni Danau Toba.

Danau Toba sendiri merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia, sehingga saat wisatawan berkunjung ke Danau Toba, mata mereka akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu luar biasa indahnya.

Dalam kesempatan ini, orang nomor dua di Pemko Medan tersebut juga mengingatkan untuk selalu mengambil ilmu yang banyak agar dapat dipergunakan di Kota Medan.

Selain itu, Akhyar juga menekankan kepada para mahasiswa untuk dapat meniru hal-hal yang positif misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya serta menjaga lingkungan sekitarnya.

“Di Indonesia khususnya Kota Medan sudah banyak orang pintar hanya saja kekurangan orang yang memiliki budaya akan kebersihan lingkungannya. Maka dari itu, saya harap agar kalian dapat mencontoh budaya dari luar negeri agar dapat selalu menjaga kebersihan lingkungannya dengan membuang sampah pada tempatnya,” tegas akhyar. (rm-05)