Medan | rakyatmedan – Pemko Medan menyambut baik dan mendukung penuh pencanangan terhadap kelurahan bersih narkoba “Bersinar” dan program pemberdayaan alternatif yang akan diterapkan di Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut. Oleh karenanya, sebagai bentuk dukungan Pemko Medan menggelar rapat koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) di Balai Kota, Rabu (14/08/2019).

Rapat yang dipimpin Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Musadad Nasution ini bertujuan untuk membagi tugas serta tanggungjawab OPD terkait dalam keikutsertaannya mensukseskan pencanangan program Bersinar di Jalan Kelambir V, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal yang direncanakan akan dilaksanakan Senin (19/08/2019) mendatang.

Didampingi Kabag Sosial dan Pendidikan (Sospen) Khoirudin Rangkuti, Aspem mengatakan kiranya seluruh OPD dapat mengetahui dan memahami tupoksinya masing-masing.

Kepada Dinas Perpustakaan Kota Medan, usai dilakukan pencanangan, Aspem minta nantinya agar mempersiapkan taman bacaan yang dilengkapi dengan berbagai buku. Untuk itu, Aspem menganjurkan agar Dinas Perpustakaan dapat berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Medan Sunggal terkait letak dan lokasinya.

“Melalui rapat ini, kami berharap seluruh OPD terkait dapat memahami tupoksi dan uraian tugasnya masing-masing. Pasalnya, Bapak Walikota berharap seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana. Apalagi hal ini menyangkut kebaikan Kota Medan khususnya di wilayah Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal agar bersih dan terbebas dari narkoba,” kata Aspem.

Selanjutnya, kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan agar membuat taman bermain serta memastikan agar kondisi baik di sekitar maupun di tempat acara bersih dan terbebas dari sampah.

Selain itu juga, DKP diminta menyediakan mobil toilet agar para para tamu dan pengunjung yang mengikuti jalannya acara tetap dapat merasa nyaman.

“Kepada DKP Kota Medan agar dapat berkoordinasi dengan Camat Medan Sunggal untuk lebih memperhatikan kondisi taman yang akan dibuat termasuk kondisi bunga yang akan ditampilkan. Oleh sebab itu, segala keperluan dan hal-hal pendukung lainnya dapat dipersiapkan secara rinci dan matang. Ini menyangkut marwah Kota Medan,” pesannya.

Terakhir, Aspem menekankan bahwa seluruh tanggungjawab yang dilakukan seluruhnya bertujuan untuk menjadikan Kota Medan menjadi kota yang aman, nyaman, bersih dan sehat karena terbebas dari narkoba.

“Kami harap sinergitas dapat kita bangun. Agar pada pelaksanaannya tugas dan tanggungjawab tidak saling tumpang tindih nantinya. Selain itu juga agar kita terus berkoordinasi sehingga semua rangkaian acara dapat berjalan lancar dan sukses,” paparnya.

Rapat yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebut turut dihadiri Kabag Humas Arrahman Pane serta sejumlah perwakilan dari Dinas Perpustakaan, Dinas DKP Kota Medan, Dinas Kominfo serta perwakilan dari Kecamatan Medan Sunggal. (rm-05)