Medan | rakyatmedan – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 tahun 2019, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan melaksanakan bhakti sosial dan kampanye lingkungan serta mengedukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (14/08/2019).

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sekaligus Kamabicab Pramuka Kota Medan diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan HM Husni mengatakan, bakti sosial yang dilakukan untuk mengajarkan anggota Pramuka untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan.

“Dalam kegiatan bakti sosial kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia memliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga membantu pembentukan sikap dan kepekaan sosial dari diri kita,” ungkap Husni.

Selanjutnya Husni menambahkan, banyak manfaat yang akan didapat dari kegiatan bakti sosial. Di samping menambah wawasan dan pengetahuan sosial, juga membantu pembentukan sikap dan kepribadian seseorang, serta menumbuhkan rasa moralitas yang tinggi.

“Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Selain menambah wawasan, juga dapat menumbuhkan semangat untuk menemukan inspirasi baru, mengembangkan kepribadian dan rasa saling peduli, melatih jiwa kepemimpinan, dapat membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ) (melatih kesabaran dan emosi seseorang) dan dapat merasakan indahnya berbagi pada sesama,” ungkapnya.

Sebelumnya bakti sosial dan kampanye lingkungan dilakukan, Husni didampingi Camat Medan Johor Zulfachri Ahmadi selaku Panitia Peringatan Hari Pramuka beserta pengurus lainnya lebih dulu berziarah di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan. Salah satu makam yang diziarahi adalah pusara penggiat kepramukaan di Sumatera Utara dan Kota Medan yaitu almarhum A Rachman Ishaq.

Semasa hidupnya almarhum dikenal sebagaj salah satu penggiat kepramukaan yang berpangkalan pada Satuan Karya (SAKA) Dirgantara.

“Almarhum merupakan sosok yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia Kepramuka. Beliau sangat patut dijadikan contoh bagi kita semua agar meniru jiwa semangat dalam menggelorakan semangat juang kita mempertahankan tanah air. Semoga almarhum ditempatkan disurganya Allah SWT,” doa Husni. (rm-05)