Medan | rakyatmedan – Sebanyak 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumut Tahun 2019, berhasil melaksanakan tugasnya menurunkan bendera merah putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/08/2019) sore.

Firman Simanjuntak sebagai Komandan, Fini Hairuna sebagai pembawa baki, dan Ajeng Mustika Sari, Andrea Manulea Pasaribu sebagai pengibar bendera. Ini melengkapi kerhasilan mereka menaikkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Jumat pagi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebagai pembina upacara mengapresiasi keberhasilan para anggota Paskibraka tersebut.

“Untuk itu, saya apresiasi para pembawa dan pengibar bendera ini, mereka ini yang nantinya membangun Sumatera Utara kita ini,” kata Gubernur usai upacara, yang disaksikan ribuan masyarakat.

Turut hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Forkopimda Sumut, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, OPD Pemprov Sumut dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Pemerintah Republik Indonesia kepada 9 pegawai negeri sipil yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai tanda kesetiaan, kejujuran, kecakapan, dan kedisiplinan sebagai pegawai negeri sipil secara terus menerus kepada pemerintah RI.

Penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya antara lain, M Roja Sanofa SIP (Kasubbag Acara) untuk 10 tahun, Achmad Fadly SSos MSP (Kepala Biro Umum dan Perlengkapan) untuk 20 tahun, dan dr Ria Nofida Telaumbanua MKes (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) untuk 30 tahun.

Sebelum pelaksanaan upacara penurunan bendera, terlebih dahulu diadakan serenade pelajar gabungan SMP dan SMA. Kelompok tersebut membawakan 5 lagu nasional. Di antaranya lagu syukur, satu nusa, bangun pemuda pemudi, maju tak gentar, diakhiri dengan padamu negeri.

Selain itu, juga diberikan piagam pemenang lomba desa dan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, pemenang lomba catur KORPRI, serta piagam kepada pemenang lomba video kreatif yang diadakan oleh Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu.

Di akhir acara, Barongsai ikut menghibur ribuan masyarakat yang telah datang sebelum upacara dimulai. Masyarakat yang menonton berhamburan masuk ke dalam lapangan untuk melihat lebih dekat barongsai tersebut.

Gubernur dan Wagub Sumut menjadi perhatian warga. Bahkan banyak yang meminta swafoto bersama pemimpin Sumatera Utara tersebut. Keduanya pun meladeni permintaan masyarakat. (rm-06)