Medan | rakyatmedan – Guna mempermudah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penyampaian laporan penyerapan anggaran supaya tepat sasaran dalam pelaksanaannya, Pemko Medan lakukan sosialisasi mengenai Sistem Monitoring Tim Evaluasi & Pengawasan Realisasi Anggaran (Sismontepra) pada OPD yang ada dilingkungan Kota Medan.

Hal ini diungkap Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan Ir Khairul Syahnan saat memimpin sosialisasi/Bimbingan Teknis Sistem Monitoring Tim Evaluasi & Pengawasan Realisasi Anggaran (Sismontepra) di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan (22/08/2019).

Dikatakan Asisten Ekbang, hal ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Selain itu, Asisten Ekbang mengungkapkan bahwa dengan diterapkannya TEPRA ini dapat dipastikan bahwa anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tepat sasaran sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen perencanaan pembangunan.

“Hal ini sesuai dengan pasal 4 Keputusan Presiden RI Nomor 20 tahun 2015 bahwa untuk mendukung kelancaran pelaksanaaan tugas TEPRA kepada para menteri dan Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian,” ungkap Syahnan.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, Khairul Syahnan berharap setelah sosialisasi dilakukan, pembentukan TEPRA ini nantinya dapat menjadi alat guna mempercepat laporan realisasi anggaran di lingkungan OPD Pemko Medan.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi Sismontepra dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya serta digunakan secara maksimal dalam mempercepat laporan realisasi anggaran di lingkungan OPD Pemko Medan,” harapnya.

Usai membuka sosialisasi tersebut, sosialisasi ini dilanjutkan dengan pemaparan yang dilakukan Kabag Pembangunan Kota Medan Zulfansyah Ali Syahputra, mengenai Percepatan Persiapan Pengadaan Barang Jasa Dalam Upaya Optimalisasi Pembangunan Kota Medan. (rm-05)