Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kabag Agama Setda Kota Medan Adlan ketika menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Medan di Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Sabtu (24/08/2019).

Dalam sambutan tertulis walikota yang dibacakan Kabag Agama, mengungkapkan bahwa masjid merupakan salah satu unsur penting dalam struktur kehidupan umat dan masyarakat di Kota Medan.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas keagamaan dan sosial serta menjadi sarana penguatan ukhuwah islamiyah dan ikatan kebersamaan masyarakat.

“Namun saat ini, masjid tidak lagi difungsikan secara maksimal. Padahal kita ketahui bersama bahwa masjid memiliki fungsi yang sangat luas. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengembalikan peran dan fungsi masjid seperti zaman Nabi Nuhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, sebagai pusat ibadah, sebagai pusat silaturrahim, sebagai pusat ukhuwah Islamiyah dan sebagai pusat pemberdayaan umat Islam,” ungkap Adlan.

Disamping itu, Adlan mengatakan dewan masjid Indonesia merupakan wadah untuk memperkokoh nilai nilai solidaritas internal guna membangun budaya organisasi yang lebih maju dan menjadi bagian dari perjuangan memakmurkan masjid, terutama dalam memaksimalkan fungsinya dalam membina umat Islam guna mewujudkan pembangunan sumber daya manusia di Kota Medan.

“Oleh sebab itu, saya menginginkan DMI Kota Medan dapat mengarahkan masjid-masjid di Kota Medan agar dapat menjadi basis ideologi dan spiritual umat Islam yang berperan sebagai wadah untuk memfasilitasi berbagai upaya pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat di bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya,” jelasnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, tambah Adlan, maka melalui Musda ini, diharapkan dapat melahirkan suatu sasaran dan program kerja untuk melahirkan upaya bersama untuk ikut serta berperan memajukan pembangunan mental dan spiritual generasi muda serta memakmurkan masjid khususnya di Kota Medan yang tercintai ini.

“Semoga musyawarah daerah ini nantinya dapat melahirkan keputusan-keputusan dalam program kerja kepengurusan daerah dewan masjid Indonesia Kota Medan ke depannya. Ini merupakan langkah maju untuk melaksanakan program kerja ke depan yang lebih baik,” harapnya. (rm-05)