Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Pembukaan Kejuaraan Nasional Tinju Yunior Youth di Gelangang Olah Raga (GOR) Mini Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Senin (26/08/2019) malam.

Kejuaraan olahraga sekaligus seni bela diri ini digelar dalam rangka memperebutkan piala Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut (Kajatisu) Fachruddin Siregar. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kajatisu bersama walikota dan unsur Forkopimda Sumut.

Sebelum pertandingan dimulai, para petinju yang berasal dari Sumut dan 21 provinsi lain di Indonesia seperti Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Papua terlebih dahulu mengenalkan setiap kontingennya di hadapan ratusan penonton yang hadir memenuhi arena pertandingan. Kejuaraan ini berlangsung selama 6 hari sejak (26/8) hingga (31/8) mendatang.

Selain walikota, Gubsu Edy Rahmayadi yang diwakili Kadispora Sumut Baharuddin Siagian serta sejumlah unsur Forkopimda Sumut dan Medan juga turut hadir dalam kejuaraan yang diikuti sebanyak 276 petinju dengan usia 15-18 tahun tersebut.

Diharapkan, melalui kejuaraan ini akan lahir bibit-bibit petinju tangguh dan handal yang nantinya dapat membanggakan nama daerah masing-masing termasuk Sumut khususnya Kota Medan.

Kajati Sumut Fachruddin Siregar dalam sambutannya mengatakan kejuaraan tinju nasional yunior youth digelar guna memberi bagi para atlet tinju untuk mengeksplorasi diri dan kemampuan agar dapat menjadi atlet yang handal di masa-masa yang akan datang. Hal ini juga, bilang Fachruddin sebagi upaya untuk melakukan pembentukan karakter generasi muda lewat olahraga.

“Lewat ini kita jalin persatuan dan kesatuan antar anak bangsa sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia lewat prestasi yang diraih. Semoga para atlet dapat mengikuti pertandingan dengan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas. Tunjukkan bahwa kalian adalah para generasi muda yang hebat dan berprestasi,” kata Kajatisu.

Sedangkan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengatakan menyambut baik digelarnya kejuaraan tinju nasional tersebut.

Dikatakan walikota, kegiatan ini sekaligus menjadi momentum melahirkan bibit-bibit atlet tinju yang nantinya diharapkan dapat menjadi atlet membanggakan sehingga mampu bersaing dan mengikuti pertandingan di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami menyambut baik terselenggaranya kejuaraan tinju ini. Semoga para atlet dapat menjadi generasi muda yang membanggakan lewat prestasinya di olahraga dan mampu menjauhkan diri dari hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, kepada seluruh atlet saya ucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas dan jadilah yang terbaik,” kata walikota.

Selanjutnya, walikota bersama Kajatisu menyaksikan pertandingan antara atlet asal Sumut melawan atlet dari Sumbar.

Walikota tampak antusias dan penuh semangat menyaksikan jalannya pertandingan meski hari sudah semakin malam. Di samping itu, terdengar riuh suara penonton yang berteriak dan bersorak mendukung jagoan mereka. (rm-05)