Medan | rakyatmedan – Guna penyelenggaraan Pekan Olahraga Kota Medan (Porkot) ke XI tahun 2019 berjalan lancar, sukses dan meriah, diharapkan masyakarat Kota Medan mendukung kelancaran selama pelaksanaan Porkot ini. Mengingat sekitar 3.829 atlet akan mengikuti 35 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan selama 7-14 September 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S, MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Drs Musaddad Nasution, MSi saat dialog pembangun Kota Medan terkait pagelaran Porkot XI Kota Medan Tahun 2019 di INews TV Jalan Intertip Medan, Selasa (03/09/2019).

Dikatakan Musaddad, Porkot merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang diadakan Pemko Medan. Tahun XI ini, Porkot diharapkan dapat berlangsung meriah dan lancar. Porkot ini berlangsung pada 7-14 September mendatang di Stadion Teladan.

“Porkot ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang digelar Pemko Medan bekerjasama dengan Koni Medan. Melalui porkot ini kita akan melihat kemampuan atlet yang telah dibina KONI Medan selama ini. Sehingga kita dapat evaluasi dan menilai mana atlet yang berprestasi yang dapat kita mengutuskan untuk perlombaan nasional ataupun internasional,” kata Musaddad.

Musaddad menjelaskan, Porkot ini tentunya akan membawa nama baik Kota Medan ke mancanegara maupun luar negeri. Artinya para atlet diharapkan bertanding dengan sebaik-baiknya. Karena melalui porkot ini diharapkan dapat menjadi sarana penyaringan atlet berprestasi Kota Medan agar Medan kedepannya menjadi Kota atlet.

“Porkot ini merupakan wadah untuk generasi muda Kota Medan yang menggemari olahraga dapat mengasah ilmunya. Sehingga kita dapat melakukan evaluasi sejauhmana kemampuan kita dibandingkan orang lain. Jadi kita bisa mengupgrade kekurangan kita menjadi lebih baik lagi kedepannya,” jelas Musaddad.

Selain menjadi wadah dalam menjaring atlet berprestasi Kota Medan, sambung Musaddad, porkot ini juga dilaksanakan agar generasi muda Kota Medan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Sehingga tidak ada generasi muda Kota Medan yang terjerumus dilembah hitam yang bernama Narkoba yang kian hari semakin mengancam kehidupan para generasi muda.

“Kami berharap Porkot ini mampu mengajak generasi muda Kota Medan terhindar dari bahayanya narkoba. Karena dengan berolahraga, generasi muda Kota Medan terus melakukan kegiatan-kegiatan positif dan memiliki prestasi yang baik,” harap Musaddad.

Selanjutnya Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan, Porkot tahun ini merupakan tahun XI. Sehingga pastinya akan berlangsung lebih meriah lagi.

Ia mengungkapkan, atlet yang akan dipertandingkan pada Porkot ini merupakan atlet lapis tingkat dua. Dengan begitu, atlet yang berprestasi pada porkot juga dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut Aceh Tahun 2024.

“Tahun 2019 ini diharapkan berjalan lancar. Atlet yang keluar sebagai pemenang di Porkot tahun ini nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti PON Sumut Aceh Tahun 2024,” ujar Eddy.

Sementara itu Teknokrat Olahraga Prof Dr Agung Sunarno MPd mengatakan setiap tahunnya, evaluasi harus dilakukan pada pelaksanaan Porkot. Pasalnya dengan mengadakan evaluasi diharapkan pelaksanaannya kedepannya semakin baik. Salah satunya evaluasi terkait sarana prasarana olahraga yang ada.

“Kita mencermati sarana prasarana olahraga yang ada di Kota Medan tentunya masih memiliki keterbatasan. Namun, kita patut apresiasi apa yang telah dilakukan Pemko Medan yang berusaha memaksimalkan pelaksanaan Porkot agar lebih berjalan baik,” ungkap Agung. (rm-05)