Medan | rakyatmedan – Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) memeriahkan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tahun 2019 Tingkat Kota Medan yang digelar di Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan, Medan, Kamis (05/09/2019).

Walikota Medan Drs H R Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Walikota Ir H Akhyar Nasution MSi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya kegiatan tersebut, sebab dinilai sebagai upaya menggerakkan kaum wanita untuk mendorong usaha pangan yang berkelanjutan dengan mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Selain Festival Pangan Lokal B2SA, HPS yang mengusung tema, “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”, juga dimeriahkan dengan puluhan stand yang mempromosikan aneka industri pangan olahan yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan.

Di samping itu sejumlah OPD di lingkungan seperti Dinas Koperasi & UKM, Dinas Pertanian dan Perikanan Kesehatan juga ikut serta mendirikan stand guna memeriahkan HPS tersebut.

Menurut Wakil Walikota, pangan merupakan kebutuhan yang paling esensial. Untuk itu bilang Akhyar, ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Namun untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat, Wakil Walikota menegaskan, dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis serta koordinasi dari semua pihak, baik jajaran pemerintahan, dunia usaha serta stakeholder di bidang pangan.

Wakil Walikota selanjutnya memaparkan, sektor pertanian pangan yang didominasi oleh kegiatan pertanian rakyat yang ciri khas sektor pertanian pangan itu harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan di bidang pangan.

“Kuncinya kita harus lebih banyak menerapkan hasil riset dan hasil teknologi pertanian pangan kepada seluruh petani. Hasil riset itu diharapkan dapat menjawab tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini,” kata Akhyar.

Atas dasar itulah kata Wakil Walikota, Pemko Medan akan terus mendorong program pembinaan yang dilakukan dalam rangka membangun ketahanan pangan yang semakin kuat.

“Kita menyadari dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya sangat berpengaruh terhadap sumber daya manusia yang dihasilkan. Untuk itulah pada peringatan HPS hari ini, saya berharap dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan ketahanan pangan nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini digelar untuk mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal melalui pameran-pameran pangan. Kemudian mendorong kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial, sehingga diharapkan meningkatnya teknologi industri pertanian dan pangan untuk menjadikan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045.

“Melalui kegiatan ini kita juga ingin meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan memasak menu keluarga berbahan baku pangan lokal. Serta mendukung pemanfaatan sumber daya lokal serta berkelanjutan untuk mensejahterakan masyarakat,” jelas Emilia.

Usai memberikan sambutan, Wakil Walikota selanjutnya meninjau seluruh stand.

Sebelumnya orang nomor dua di di Pemko Medan itu menyerahkan hadiah kepada para pemenang sejumlah perlombaan yang digelar dalam rangka memeriahkan HPS Ke-39 Tingkat Kota Medan tersebut. (rm-05)