Medan | rakyatmedan – Pemko Medan sangat mengapresiasi acara Sumatera Barat Expo 2019 yang akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai tanggal 14 – 17 November 2019 mendatang. Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kelancaran acara Sumbar Expo 2019.

Apresiasi tersebut disampaikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan ketika menghadiri Sosialisasi Sumatera Barat Expo 2019 di Garuda Plaza Hotel, Kamis (05/09/2019).

Dikatakan Asisten Ekbang Kota Medan mengucapkan terima kasih karena telah memilih Kota Medan untuk diadakannya Sumbar Expo 2019.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Pemko Medan ingin ikut berpartisipasi dalam Sumatera Barat Expo 2019 dengan menampilkan budaya Kota Medan yakni budaya Melayu.

“Pemko Medan juga ingin ikut berpartisipasi dalam menampilkan budaya melayu khas Kota Medan. Dengan kehadiran Sumbar Expo di Kota Medan, diharapkan dapat mempererat hubungan antara Pemprov Sumbar dengan Pemko Medan,” ujar Syahnan.

Sementara itu, Sekda Pemprov Sumbar Drs Alwis mengatakan, acara Sumbar Expo merupakan kegiatan tahunan. Pada tahun 2019 ini, Pemprov Sumbar memilih untuk mengadakan kegiatan tersebut di Sumatera Utara (Sumut) khususnya di Kota Medan, dan akan diadakan pada tanggal 14 – 17 November di Lapangan Merdeka Medan.

“Pada tahun 2018 lalu, kami mengadakan Sumbar Expo di Kota Makassar dan pada Tahun 2019 ini kami memilih untuk mengadakannya di Kota Medan dan akan diadakan pada tanggal 14 – 17 November di Lapangan Merdeka Medan,” ujar Alwis.

Disamping itu, Alwis mengungkapkan, terpilihnya Kota Medan sebagai tuan rumah Sumbar Expo 2019 karena kekerabatan yang dekat antara warga Sumut dan Sumbar, termasuk banyaknya jumlah perantau Minangkabau di Kota Medan.

Selain itu, Pemprov Sumbar melihat ada potensi investasi yang bisa dilirik oleh pengusaha asal Sumatra Utara untuk masuk proyek unggulan di Sumbar.

“Alasan dipilihnya Kota Medan karena keakraban antara warga Sumut dan Sumbar begitu erat, termasuk jumlah masyarakat Sumbar banyak yang merantau ke Kota Medan. dan dengan produk yang ditawarkan nanti benar-benar diminati warga setempat serta dapat memancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut,” jelasnya.

Sumbar Expo 2019 akan menghadirkan stand pameran dari Provinsi Sumbar, stand UMKM yang berasal dari Provinsi Sumbar dan Kota Medan.

Selain itu, di acara tersebut nantinya akan didirikan stand dari Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Sumbar dan Kota Medan untuk melakukan perekaman data dan cetak e-ktp. (rm-05)