Medan I rakyatmedan -Penukaran uang kas keliling kapal yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) bekerjasama dengan Lantamal I Belawan mulai dari Kamis lalu (29/8) hingga Kamis (5/9) mencapai Rp3,3 miliar. Dari total tersebut, 60 persen di antaranya merupakan uang tidak layak edar (UTLE).

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) yang kembali mengoperasikan kapal kas keliling bersama TNI Angkatan Laut untuk melayani penukaran uang lusuh bagi masyarakat di enam pulau-pulau terluar, terdepan dan terpencil (3T).

“Dari kunjungan di daerah 3T dengan menggunakan KRI Lemadang 632 itu, kas keliling BI mengedarkan uang baru
mencapai Rp3,3 miliar,” kata Kepala KPw BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat saat menyambut kepulangan tim kas keliling kapal di Pangkalan Utama TNI AL Belawan, Kamis (05/09/2019).

Enam pulau yang dikunjungi tersebut adalah Pulau Weh dan Pulau Nasi (Aceh), Pulau Berhala (Sumut), Pulau Rupat, Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Bengkalis (Riau).

Disebutkannya dari Rp3,3 miliar uang baru itu 60 persen atau Rp1,7 miliar di antaranya merupakan uang tidak layak edar (UTLE),. Selebihnya 40 persen (Rp1,6 miliar) yang masih layak edar.

“Ini membuktikan bahwa di pulau-pulau 3T lebih memang lebih banyak uang yang tidak layak edar. Inilah tugas BI untuk menggantinya dengan yang layak edar,” ujarnya.

Ia menuturkan, UTLE yang mencapai Rp1,7 miliar itu didominasi uang pecahan besar yakni pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp20.000. Hanya Rp325,6 juta yang merupakan uang pecahan kecil (pecahan Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000 dan Rp500).

“Selain menyambut kepulangan tim kas keliling ini, kita juga menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI berupa pojok baca di TK Hang Tuah 1 Belawan yang merupakan binaan Lantamal I Belawan. Semoga pojok baca ini bisa menciptakan minat baca siswa-siswi TK disana,” katanya.

Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid sangat mengapresiasi program kas keliling kapal yang dikomandoi Komandan KRI Lemadang 632, Mayor Laut (P) Pungki Kurniawan tersebut serta pemberian bantuan pojok baca yang diberikan oleh BI kepada TK Hang Tuah 1 Belawan.

“Ini merupakan bentuk sinergi pemerintah yang didedikasikan untuk negeri, dalam hal ini BI dengan TNI AL. Saya berharap ke depan, kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Kepala TK Hang Tuah 1 Belawan, Erlina Safiani Siregar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BI yang telah memberikan bantuan berupa pojok baca yang berisi buku-buku bacaan anak-anak yang disesuaikan dengan usia anak TK.

“Antusias anak-anak sangat luar biasa, yang tadinya beberapa siswa nangis datang ke sekolah dan harus ditemani orangtuanya, sekarang teralihkan dengan adanya pojok baca. Orangtua mereka tidak lagi menemani hingga ke kelas dan bisa langsung pulang ke rumah setelah mengantar mereka,” tandasnya. (rm-04)