Medan | rakyatmedan – Pemko Medan mengapresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Medan tahun 2019. Dengan diadakannya Musda ini, diharapkan nantinya membuat IKAPTK dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai sebuah organisasi yang semakin solid dalam menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kepamongan sebagai dasar pengabdian dalam bekerja.

Apresiasi ini disampaikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menghadiri acara Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Medan 2019 di Gedung Serbaguna PKK Kota Medan, Jumat (06/09/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengatakan, IKAPTK merupakan salah satu ikatan keluarga alumni yang berbasiskan kepamongprajaan atau ilmu pemerintahan, yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Tidak hanya di Kota Medan, namun juga ada di setiap kabupaten/kota lainnya. Alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan di Kota Medan sudah banyak mengabdi dan mendedikasikan diri terhadap negara dan masyarakat.

“Tentunya sebagai seorang pamong praja yang profesional dan berintegritas tinggi, saya tetap mengingatkan kalian agar tetap memberikan loyalitas penuh terhadap apa yang kita kerjakan,” kata Wakil Walikota.

Pada kesempatan ini, jelas Akhyar, ada beberapa hal yang ingin disampaikan pada pertemuan musyawarah daerah ini, di antaranya: pertama, diharapkan seluruh alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan Kota Medan agar mampu memberikan nuansa kepamongan selaku alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan. Artinya bahwa harus ada sisi positif yang ditonjolkan dari ilmu yang sudah dipelajari dan diterapkan dalam pekerjaan yang diemban.

“Lakukanlah berbagai inovasi dan tunjukkan kreativitas sehingga pemerintah sebagai owner suatu daerah dapat berjalan dengan baik. Lalu, memang betul bahwa senioritas adalah bagian dari pendidikan tinggi kepamongprajaan. Namun, jangan ragu untuk saling bertanya. Senior dan junior harus mampu bersaing secara sehat, menunjukkan ide-ide cemerlangnya demi kemajuan pembangunan Kota Medan,” jelas Akhyar.

Kedua, lanjut Akhyar, para alumni harus mampu memahami seluruh tata kelola pemerintahan dengan baik serta dapat saling berkordinasi dan bersinergi dengan aparatur sipil negara lainnya sehingga akan tercipta iklim organisasi yang baik dalam lingkup Pemko Medan. Jangan sampai alumni ikatan pendidikan tinggi kepamongprajaan ini menjadikan perbedaan yang besar bagi sekolah ataupun perguruan tinggi umum lainnya.

“Ketiga, saya juga mengharapkan para alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan Kota Medan dapat menjadi motor bagi gerakan perubahan pada Pemko Medan, sehingga program-program pembangunan dapat kita laksanakan secara efektif dan tepat sasaran. Dengan begitu dapat membangun Kota Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Musda Rahmad Adi Syahputra Harahap menjelaskan, IKAPTK sebagai organisasi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) memiliki visi yang nasionalis, yaitu mewujudkan solidaritas alumni dan tanggung jawab kemajuan almamater, tata kelola pemerintahan yang baik dan aparatur pemerintahan yang bersih menuju kehidupan masyarakat serta meningkatkan profesionalitas dan integritas anggota sebagai simpul pemersatu bangsa dan perekan NKRI.

Selain itu, Rahmad mengungkapkan tujuan dilaksanakannya musda IKAPTK Kota Medan tahun 2019 ini adalah untuk memilih susunan kepengurusan IKAPTK tiga tahun ke depan serta menetapkan program-program dan gagasan yang diharapkan dapat meningkatkan mutu, citra dan reputasi almamater pendidikan tinggi kepamongprajaan.

Pada kesempatan ini, Rahmad berharap kepada para alumni yang masih aktif agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Tunjukkan bahwa IKAPTK mampu mengemban dan melaksanakan tugas yang dibebankan serta dapat membantu dan mendorong roda pemerintahan saat ini sehingga Kota Medan tetap maju dan berkembang.

“Saya harapkan apapun keputusan musda ini dapat diterima dan semuanya berjalan dengan lancar. Kita harus tunjukkan bahwa IKAPTK mampu melaksanakan tugas yang diemban serta membantu pemerintahan Kota Medan agar tetap maju dan lebih berkembang lagi kedepannya,” harapnya. (rm-05)