Medan I rakyatmedan – Bagi pelanggan
pengguna jaringan gas ( jargas) di Sumatera Utara bisa bernapas agak lega. Pasalnya manajemen PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memberikan kemudahan dengan membuat kebijakan berupa program cicilan pembayaran rekening gas rumah tangga.

Menurut Sales Area Head PGN Medan, Saeful Hadi, pelanggan dikenakan tagihan pembayaran tarif gas dengan
perhitungan sejak bulan pemakaian bersamaan dengan pembayaran di bulan Juli.

“Untuk membantu meringankan pembayaran yang penagihannya secara akumulatif itu maka pelanggan bisa mencicil pembayarannya,” kata Saeful , Jumat (6/9/2019).

Sedangkan untuk pembayaran bulan berikutnya akan diberlakukan sama yakni rekenng Agustus ditambah pembayaran cicilan pemakaian gas dari pertama kali. Untuk selanjutnya pembayaran akan berlaku normal setiap bulannya setelah cicilan tagihan dibayar.

Saeful menjelaskan, pelanggan yang memiliki tagihan di atas Rp 51.000 diperbolehkan menyicil.

Misalnya tagihan yang seratus ribu bisa dicicil 3 kali. Berarti, sebulan sekitar 33 ribu ditambah pemakaian bulan berjalan.

Saeful juga menyebutkan tarif harga Jargas yang ditetapkan sebesar Rp 4250 per meter kubik (m3).

Jadi pelanggan bisa memperkirakan sendiri berapa jumlah biaya yang akan dibayarkannya dengan mengkalikan tarif Jargas dengan berapa m3 yang dipakai.

“Untuk mengetahui besaran jumlah pemakaian Jargas bisa dilihat dari meteran masing-masing pelanggan,” terang Saeful.

Lebih lanjut dikatakan Saeful, untuk memastikan tarif pembayaran, PGN akan mengirimkan SMS tagihan ke Ponsel pelanggan.

“Pelanggan bisa membayar tagiannya melalui ATM sejumlah bank, kantor pos, minimarket dan loket pembayaran lain yang telah bekerjasama dengan PGN,” kata Saeful.

Untuk menghindari denda dan pemutusan aliran gas, Saeful mengimbau agar pelanggan membayar gas tepat waktu mulai 6-20 tiap bulannya.

Terkait untuk keamanan dalam penggunaan jargas, Saeful mengingatkan agar pelanggan mengetahui tips keamanannya.
Seperti ketika menicium bau gas maka harus mematikan keran yang terdapat di meteran dan keran yang tersambung di kompor.

“Jangan lupa membuka pintu dan jendela rumah agar gasnya keluar;” ungkap Saeful.

Dia juga mengingatkan jika mencium bau gas, jangan menyalakan api dan listrik, karena bisa menyambar ke gas. Selanjutnya segera hubungi call center 1500645.

Saeful didampingi humas Yusnani menambahkan, PGN telah membangun 4101 jaringan ditribusi gas bumi di Kota Medan dan Deli Serdang.

“Target kita sampai 2019 ini sebanyak 11.216 sambungan warga terdiri Medan 5.656 dan Deliserdang 5.560,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, pada Mei 2019 dilakukan penetapan tarif jargas untuk R1 (dilihat dari rekening listrik di rumah pelanggan 1.300 volt) sebesar Rp4.250 per meter kubik dan R2 (listrik di atas 1.300 volt) Rp6.250 per meter kubik. ( rm-04)