Jakarta | rakyatmedan – Innalillahi wainnailaihi rajiun. Indonesia kembali kehilangan putra terbaik. Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat, Rabu (11/09/2019) pukul 18.05 WIB.

Habibie berpulang dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Mantan menteri riset dan teknologi ini meninggal dalam usia 83 tahun karena sakit.

Habibie menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD sejak 2 September 2019. Kondisi pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini sempat membaik pada Selasa (10/09/2019).

Perkembangan itu disampaikan oleh putranya, Thareq Kemal Habibie, dalam konferensi pers di RSPAD, Selasa (10/09/2019). Keterangan ini sekaligus mengklarifikasi hoaks yang menyebut Habibie tutup usia pada Selasa pagi.

Namun pada Rabu sore kondisinya kembali kritis. Keluarga besar ahli penerbangan lulusan Jerman ini berkumpul di RSPAD, mulai anak hingga cucu. Gubernur Gorontalo, yang juga keponakan BJ Habibie, Rusli Habibie mengatakan, dua anak Habibie, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie juga sudah berada di ruang Critical Intensive Care Unit (CICU).

Selama perawatan itu, sejumlah tokoh telah mengunjungi pria yang membidani lahirnya Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau IPTN (kini Dirgantara Indonesia) tersebut. Para tokoh tersebut antara lain Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (rm/in)