Medan I rakyatmedan- Universitas Sumatera Utara (USU) Got Talent mengawali Dies Natalis ke-67 Tahun universitas ini yang digelar di Auditorium USU, Kamis (12/09/2019).

“USU Got Talet yang diikuti 84 peserta.itu menjadi acara pembuka Dies Natalis ke 67 USU,” kata Ketua Panitia Dies Natalis ke 67 USU, Prof. Dr. Ida Yustina kepada wartawan.

Prof Ida didampingi Wakil Ketua Panitia, Setiawan, S.Kp, M.N.S., Ph.D, WR II USU Prof .Dr. dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), dan Sekretaris Panitia Destanul Aulia, serta Kahumas Elvi Sumanti, ST, M Hum menyebutkan, pendaftar USU Got Talent 116 orang, namun yang lolos seleksi 84 peserta.

Pada ajang USU Got Talent diisi penampilan para peserta yang berasal dari civitas akademika USU yang terdiri dari pegawai, dosen dan mahasiswa.

“Lewat USU Got Talent ini, kita mau menggali telenta civitas akademika USU,” sebutnya.

Total hadiah disediakan panitia sekitar Rp20 juta. Pemenang akan tampil pada kegiatan Pentas Seni 18 September yang juga rangkaian dari Dies Natalis USU ke 67.

Dia menuturkan, USU Got Talent diadakan dengan tujuan untuk menjaring dan meningkatkan kreativitas mahasiswa serta civitas akademika USU yang beragam, sehingga dapat menyaring potensi-potensi terpendam.

Selain USU Got Talent, katanya ada beberapa kegiatan lainnya yang diadakan terkiat Dies Natalis ke 67 USU, yakni, USU Open Day pada 18 September 2019.

Kemudian Seminar Nasiona pada 19 September 2019, bertajuk : Pembangunan Untuk Kemandirian Masyarakat”.

Dijadwalkan tampil sebagai narasumber, Walikota Surabaya, Tri Risma, Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo, Nadiem Makarim Ceo PT.Gojek Indonesia, Walikota Jambi, Drs. Syarif Pasha dan kementerian membidangan UKUM.

“Narasumber ini belum final masih terus dilakukan kinfirmasi,” kata Prof Ida.

Kemudian kegiatan lain, adalah Desminasi informasi bertema: Seks Education” dengan peserta siswa SMA dan mahasisa, selanjutnya, USU Family Day dan bakti sosial yang didalamnya ada bazar dan operasi katarak gratis serta pemeriksaan gigi dan lainnya.

Acara puncak Dies Natalis pada 24 September 2019 diisi orasi ilmiah yang menghadirkan para pembicara yang juga berkompeten.

Sementara itu, WR II USU, WR II USU Prof .Dr. dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K) menambahkan, Dies Natalis ke 67 USU kali ini mengambil tema: USU untuk Kemandirian Masyarakat”.

Dia mengatakan, keberadaan USU memang sejatinya untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat,

WR II yang juga akan tampil sebagai narasumber pada kegiatan “Seks Educatio” mengatakan, USU tidak hanya mengejar prestasi dalam bidang keilmuan, tapi berupaya menjadi garda terdepan sebagai pelopor dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

”Untuk apa kita banyak prestasi kalau manfaatnya sama masyarakat tidak ada,” tegasnya.

Disamping itu, WR II juga menegaskan, momentum Dies Natalis ini menjadi cambuk bagi USU untuk meraih kejayaaannya di masa lampau.

” USU sejak dulu memang terbaik, meski tidak terbaik di Indonesia tapi selalui terbaik di luar P.Jawa, untuk itu kita akan mengembalikan kejayaan USU,” tegasnya.

Melalui Dies Natalis ini, katanya, panitia akan memperkenalkan prestasi dan kelebihan USU kepada siswa berprestasi di Sumut

”Wisata di dalam kampus USU diharapkan memotivasi para siswa berprestasi Sumtaera Utara menimba ilmu di USU. Kita ingin sampaikan bahawa USU tidak kalah dengan universitas yang ada di Indonesia dan negara lain,” kata Fidel. (rm-04)