Medan I rakyatmedan -Universitas Dharmawangsa (Undhar) komit menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berintegritas, sehingga nantinya mampu berkiprah dan bersaing di level global. Karena itu melalui Masa pengenalan kampus mahasiswa baru (MPKMB) 2019 ini sebagai upaya membentuk pembangunan karakter mahasiswa.

“Dengan adanya pembangunan karakter kita ingin agar mahasiswa itu tidak hanya pintar, berpengetahuan, dan unggul, tetapi juga bertanggung jawab dan beretika,” kata Rektor Dr. H Kusbianto SH MHum pada pembukaan Masa pengenalan kampus mahasiswa baru (MPKMB) di kampus ini Jalan Yos Sudarso Medan, Sabtu (14/9/2019)

Menurut Kusbianto dengan pendidikan pembangunan karakter, diharapkan setiap lulusan kelak lebih memiliki sikap empati yang merupakan salah satu kualitas karakter yang dapat mengubah dunia.

Dia juga menyarankan agar pendidikan karakter di kampus mengarah pada pembentukan individu mahasiswa yang memiliki integritas moral dan jujur. Semua itu harus didukung budaya dan kebijakan kampus.

“Mahasiwa adalah calon-calon intelektual dan juga sebagai generasi penerus bangsa, makanya penting dibekali pemahaman sekaligus pembentukan karakter,” ungkap Kusbianto.

Lebih lanjut Kusbianto juga mengatakan kemampuan berpikir kritis di kalangan mahasiswa harus dikembangkan. Sebab cara berpikir dan belajar mahasiswa berbeda saat di bangku sekolah.

Pada MPKMB yang berlangsung dua hari ini diikuti 576 mahasiswa baru yang terdiri dari 6 fakultas yakni Hukum, Fisipol, Perikanan, Ekonomi, Agama Islam, Teknik dan Ilmu Komputer.

Hadir ada kegiatan tersebut Ketua Yayasan Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir SE, Sekretaris Dra Hj Farida Hanum Nasution MAP dan unsur pimpinan universitas serta para dekan.

Kusbianto menyebutkan MPKMB Undhar 2019 ini juga dirangkai dengan expo (pameran) dengan tujuan untik meningkatkan dan melahirkan jiwa kewirausaan mahasiswa sesuai dengan visi dan misi universitas.

Undhar kata Kusbianto merupakan salahsatu perguruan tinggi terbaik dari 260- an PTS di Sumut di bawah kordinalsi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LLDikti) Wilayah 1 Sumut.

“Sebagai perguruan tinggi yang telah berdiri sekira 30 tahun itu, kami patut bersyukur dan berterimakasih telah melaksanakan kegiatan tata kelola dan peraturan dengan baik seperti yang diberlakukan pemerintah,” katanya.

Untuk itu pihak universitas terus meningkatkan kualitas. Tentunya yayasan sangat berperan penting dan besar, sehingga kegiatan tridharma perguruan tinggi berjalan dengan baik.

Seiring dengan itu Undhar saat ini makin besar dan terus melakukan pembangunan dengan penambahan fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang tridharma perguruan tinggi

Tentunya mahasiswa baru yang masuk ke Undhar sebagai pilihan diharapkan bisa menjadikan mereka
sarjana ataupun ahli madya sesuai prodi yang diminati. Karena itu Kusbianto mengingatkan para mahasiswa untuk bersyukur dan mengikuti perkualiahan dengan baik.

“Manfaatkanlah kesempatan untuk kuliah dengan baik. Jangan sia-siakan kepercayaan orangtua. Tumbuhkan tekad untuk bisa menjadi sarjana atau ahli madya. Untuk itu kami siap memberikan fasilitas yang baik bagi para mahasuswa,” imbuh Kusbianto

Kusbianto juga menyebutkan jika mahasisw punya masalah, maka bisa dikonsultasikan karena Undhar memiliki pusat konseling..

Dalam program MPKMB katanya nantinya juga akan diisi materi sosialisasi tentang bahaya narkoba yang akan disampaikan pada kuliah umum dengan mengundang pihak berkompeten dari BNN (Badan Narkotika Nasional).

Ketua Yayasan Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir SE dalam sambutannya mengatakan, Undhar terus melakukan peningkatan kualitas para dosennya sebagai upaya menghasilkan lulusan berkompetensi dan siap menghadapi persaingan dunia kerja.

“Kita selain memiliki dosen berkualifikasi S2 juga S3 dan aktif melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta penulisan jurnal ilmiah,” kata Muzakkir.

Menurut Muzakkir peningkatan fasilitas sarana dan prasarana serta kerjasama yang dilakukan dengan berbagai perguruan tinggi baik regional, nasional bahkan internasional sebagai upaya Undhar mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi berkualitas lainnya.

“Ini juga sebagai bentuk peningkatan akreditasi baik program studi maupun institusi,” katanya. ( rm-04)

Keterangan foto
SAMBUT MAHASISWA BARU.
Rektor Dr H Kusbianto SH MHum didampingi Ketua Yayasan Muzakkir dan Sekretaris Farida Hanum Nasution Dekan Perikanan Bambang Hendra Siswoyo SPi MSi menyalami mahasiswa baru.