Medan I rakyatmedan – Mbiz, perusahaan rintisan Business-to-Business (B2B) dan pionir di bidang penyediaan solusi total e-procurement, menandatangani nota kesepahaman dengan Investree yang merupakan pionir Peer-to-Peer (P2P) Lending Marketplace di Indonesia.

Kesepakatan kerja sama itu ditandatangani CEO Mbiz, Rizal Paramarta, COO & Co-Founder Mbiz, Ryn Hermawan, serta CEO & Co-Founder Investree, Adrian Gunadi.

Kerjasama itu menjadi landasan terbangunnya kemitraan strategis yang berkelanjutan antara kedua pemimpin industri dalam menyediakan akses layanan finansial yang mudah dan cepat,” kata Rizal Parmarta, CEO Mbiz, dalam keterangan tertulis diterima rakyatmedan, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, akses seperti itu berguna bagi perusahaan penyedia maupun perusahaan pembeli barang atau jasa, yang melakukan transaksi e-procurement B2B di platform Mbiz.co.id (Mbiz) dan Mbizmarket.co.id (Mbizmarket).

Disebutkannya, akses layanan finansial yang didukung Investree dan dihadirkan sebagai bagian dari solusi e-procurement Mbiz yang lengkap dan menyeluruh, diharapkan mampu menjadi solusi efektif bagi para perusahaan penyedia maupun pembeli barang dan jasa dalam mengantisipasi kesenjangan waktu dalam termin pembayaran, sehingga bisa terpenuhi lebih cepat.

Rizal Parmarta juga menjelaskan bahwa termin pembayaran pada transaksi B2B adalah hal yang kritikal.

Pada kegiatan e-procurement, termin pembayaran dapat mempengaruhi akselerasi produktivitas bisnis perusahaan-perusahaan yang terlibat jika waktu yang ditentukan tidak sesuai dengan ekspektasi atau kebijakan manajemen keuangan yang berlaku.

Situasi ini berlaku di perusahaan penyedia maupun pembeli, baik yang berskala besar ataupun yang masih berskala UMKM.

“Layanan finansial dari Investree kami hadirkan untuk menjawab tantangan tersebut,” ujarnya.

Perusahaan pembeli bisa memanfaatkan layanan ini agar dapat menuntaskan proses pembayaran tepat waktu, atau mengantisasi lamanya proses penyediaan biaya untuk pengadaan pada saat kebutuhan terhadap barang atau jasa sudah dalam kondisi mendesak.

Adapun bagi perusahaan penyedia, layanan ini memungkinkan mereka untuk bisa menerima pembayaran lebih cepat sehingga arus kas untuk keberlanjutan produksi terus lancar dan tidak terkendala.

Layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di ekosistem Mbiz maupun Mbizmarket yang memiliki keterbatasan atau ketiadaan akses ke perbankan untuk peminjaman modal.

Keterbatasan akses dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan finansial perbankan sering menjadi tantangan, terutama bagi perusahaan penyedia barang dan jasa yang masih berskala UMKM yang memilki tingkat kebutuhan tinggi terhadap ketersediaan dana segar untuk kontinuitas produksi berkuantitas besar dari perusahaan-perusahaan berskala enterprise.

“Kemitraan dengan Investree menjadi wujud komitmen Mbiz dalam turut mendorong kinerja bisnis ekosistem untuk terus tumbuh melaju bersama kami,” ujarnya. (rm-04)