Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima audiensi jajaran civitas akademika Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan di Rumah Dinas Walikota, Jalan Sudirman Medan, Selasa (17/09/2019).

Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut bertujuan meminta rekomendasi walikota terkait rencana UPH membuka program studi (prodi) perhotelan & pariwisata di kampus mereka.

Didampingi Asisten Umum (Asmum) Renward Parapat dan Kadis Pendidikan Marasutan, walikota pun menyambut baik hal tersebut.

Walikota menilai hal ini baik dalam mendukung serta mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang perhotelan dan pariwisata sehingga berimplikasi pada pengembangan kualitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita tentu menyambut baik rencana ini. Terlebih dalam dunia pendidikan yang terus mengalami kemajuan mengikuti perkembangan zaman. Semoga langkah ini memberi manfaat dalam membentuk SDM generasi yang unggul dan kompeten sehingga mampu memberi sumbangsih bagi dalam memajukan sektor pariwisata Kota Medan,” kata Walikota.

Untuk itu, walikota pun menginstruksikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut. Sebab, bilang walikota pemerintah memiliki tanggungjawab untuk mendukung hadir dan lahirnya pendidikan yang mumpuni dan berkualitas.

“Untuk selanjutnya, koordinasi dan komunikasi dengan OPD terkait dapat dilakukan agar rencana tersebut segera terwujud dan terealisasi. Kami berharap, nantinya prodi tersebut dapat memenuhi keinginan calon mahasiswa dalam dunia perhotelan & pariwisata yang saat ini terus menggeliat khususnya di Kota Medan. Dengan begitu, nantinya dunia pariwisata Kota Medan dapat terus menggeliat dan mendukung tercapainya pendapatan asli daerah (PAD),” harapnya.

Usai audiensi, Arifin selaku Direktur Eksekutif UPH Medan menyampaikan terima kasihnya kepada walikota atas sambutan dan dukungan yang diberikan.

Dukungan ini bilang Arifin, menjadi langkah baik bagi UPH untuk mewujudkan dibukanya prodi perhotelan & pariwisata di UPH. Hal ini juga sekaligus menjadi kontribusi UPH bagi Kota Medan dalam upaya mendukung pemenuhan SDM di bidang pariwisata.

“Kami bersyukur karena Bapak Walikota menyambut baik rencana ini. Semoga langkah ini menjadi kontribusi nyata UPH dari sektor pendidikan untuk membantu menaikkan dan memajukan dunia perhotelan dan pariwisata Kota Medan. Dengan demikian akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Kota Medan nantinya,” ungkap Arifin. (rm-05)