Medan | rakyatmedan – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 Tahun 2019, Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) menggelar Perlombaan Baris Berbaris (PBB) Tingkat SMP/SMA dan Sederajat di Lapangan Hitam Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (18/09/2019).

PBB yang memperebutkan Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah A Tri MS Fadhillah ini bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan serta pengetahuan mengenai baris berbaris kepada generasi muda.

Kegiatan ini dihadiri Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kasatpol PP M Sofyan, Panglima Kodam (Pangdam) I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah diwakili Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana sekaligus Ketua Dharma Pertiwi Daerah A Tri MS Fadhillah.

Selanjutnya, pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Dharma Pertiwi bersama Kasdam I/BB dan Kasatpol PP Kota Medan.

Sebelum perlombaan dimulai, acara lebih dahulu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan marching band dari sekolah Sinar Husni Medan disusul dengan pertunjukan demonstrasi baris berbaris prajurit Kodam I/BB lengkap dengan seragam TNI dan senjata yang dibawa. Sontak, penampilan mereka pun disambut tepuk tangan meriah dan decak kagum seluruh yang hadir.

Dalam sambutan Pangdam I/BB yang disampaikan Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tegas dan disiplin.

Selain itu juga mengajarkan generasi muda untuk menanamkan rasa tanggungjawab dan disiplin serta mengedepankan tugas di atas kepentingan pribadi sebagi bentu rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kegiatan ini penting untuk kita lakukan sebagai rasa tanggungjawab dan dedikasi kami (Prajurit TNI) dalam membekali generasi muda dengan hal-hal positif termasuk urusan baris-berbaris. Kami berharap, melalui ini akan terbentuk generasi yang beretika, berakhlak dan bertanggungjawab sehingga nantinya akan menjadi generasi penerus yang senantiasa memiliki sikap displin dan jiwa pengorbanan untuk tanah air,” kata Kasdam.

Sementara itu, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dalam sambutannya melalui Kasatpol PP M Sofyan mengatakan, menyambut baik digelarnya kegiatan PBB tersebut. Diharapkan, generasi muda yang menjadi ujung tombak kemajuan bangsa dapat menanamkan pemahaman dan pengetahuan mendalam tentang baris berbaris sekaligus menumbuh kembangkan rasa kekompakan dan soliditas antar sesama.

“Ini menjadi modal dasar dan awal baik bagi generasi muda. Apalagi jika nantinya mereka memilih untuk mengabdikan diri sebagai seorang prajurit. Kami berharap, kegiatan ini akan menciptakan generasi dengan jiwa disiplin dan tangguh sebagai ujung tombak dalam menjaga, melindungi dan memajukan bumi pertiwi,” bilang Sofyan.

Oleh karenanya, kepada seluruh peserta, Sofyan berpesan agar dapat menampilkan yang terbaik serta senantiasa menjunjung tinggi sportifitas.

“Kepada anak-anakku, bertandinglah dengan sportif. Menang kalah adalah hal biasa. Sebab, kalian semua adalah yang terbaik. Selamat bertanding dan jadilah generasi penerus yang membanggakan,” pesannya.

Selanjutnya, para peserta dari 21 tim pun mulai menunjukkan aksi dan kebolehan mereka disaksikan Kasdam, Ketua Dharma Pertiwi Daerah A, Kasatpol PP serta juri yang berasal dari prajurit TNI Kodam I/BB.

Tampak peserta dengan serius dan sigap menampilkan gerakan yang kompak dan selaras untuk menjadi yang terbaik dan dapat keluar sebagai juara.

Selain piala Ketua Dharma Pertiwi, tim juara akan mendapatkan uang pembinaan. (rm-05)