Jakarta | rakyatmedan – Apple sudah menggulirkan iOS 13 ke semua perangkat iPhone yang mendukung. Pekan depan, raksasa teknologi berbasis Cupertino ini akan menggulirkan iOS 13.1.

Mengutip GSM Arena, Sabtu (21/09/2019), pada 24 September, Apple akan mengeluarkan iOS 13.1 ke pengguna. Pembaruan itu akan menambahkan fitur throttling atau pelambat CPU ke iPhone XR dan XS.

Langkah Apple mencekik kinerja iPhone sudah pernah dilakukan sebelumnya. Apple pertama kali mengakui mencekik CPU pada iPhone lebih tua pada 2017, yang memicu kontroversi di kalangan pengguna.

Banyak yang berpikir, cara Apple memperlambat kinerja CPU pada iPhone lama sebagai upaya agar pengguna mereka meng-updare perangkat ke yang lebih baru. Namun, Apple berdalih throttling ini adalah untuk mengatasi shutdown acak yang akan dialami iPhone dengan baterai yang lemah dan menua.

Menyusul serangan yang datang, Apple akhirnya menambahkan toggle, sehingga pengguna dapat mempunyai opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Fitur ini hanya akan diaktifkan saat baterai lemah terdeteksi. Tapi, para pengguna juga masih mempunyai opsi untuk mematikan fitur pelambat kinerja CPU itu.

iPhone 2019 sudah dilengkapi dengan fitur performance management yang lebih canggih. Dengan adanya fitur ini, seharusnya dapat mengurangi dampak dari throttling ini. (rm/in)