Medan | rakyatmedan – Kehadiran Tanoto Foundation sebagai suatu organisasi filantropi yang berfokus dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan manusia, percaya bahwa dengan pendidikan yang berkualitas akan mampu mempercepat kesetaraan peluang serta pengembangan kepemimpinan untuk melahirkan generasi muda Indonesia sebagai pemimpin di masa depan.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menghadiri Penandatanganan Beasiswa Sekolah Menengah Tanoto Foundation di Uniland Plaza Medan, Rabu (25/09/2019).

Pemberian beasiswa tahun ajaran 2019/2020 kepada 165 siswa SMP, SMA dan SMK berprestasi dan kurang mampu dari 20 mitra mendapatkan dukungan pendidikan berupa biaya sekolah dan bimbingan prestasi di Kota Medan.

Dikatakan Wakil Walikota, paradigma lama yang menyatakan bahwa pendidikan hanya bisa didapat di ruang kelas, harus diubah. Pola pikir masyarakat harus terbuka dan melihat bahwa pendidikan itu bisa didapat di manapun berada. Jadikan alam semesta sebagai guru, jadikan apapun sebagai sumber referensi ilmu pengetahuan yang dapat menambah kapasitas diri masing-masing. Sehingga dapat melahirkan lebih banyak generasi-generasi seperti almarhum bapak B J Habibie yang tetap berkarya di tengah keterbatasan hingga nama Indonesia kian menggema di dunia.

“Dalam era globalisasi ketika dunia seolah menyempit sebagai sebuah kampung besar (global village) batasan dunia nyaris tidak lagi terlihat jelas. Hal ini sebagai konsekuensi logis perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian canggih. Hanya dengan satu unit smartphone di tangan, informasi apapun kini bisa diakses dengan mudah di belahan manapun di dunia ini,” kata Akhyar.

Disamping itu, Akhyar menjelaskan, kemudahan mendapatkan akses informasi ini memang menjadikan ilmu pengetahuan mudah diakses siapa saja, di mana saja, kapan saja. Ini menyebabkan kini tidak ada alasan untuk ketinggalan informasi terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Jika sudah begini, nama Indonesia akan makin dikenal di dunia dalam berbagai bidang.

“Akan makin banyak individu bangsa ini yang meneruskan prestasi di kancah internasional. Syaratnya hanya satu, yaitu apabila setiap individu yang berkualitas mendapat kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan. Salah satu kesempatan itu adalah melalui pemberian beasiswa,” jelasnya.

Kemudian, Akhyar mengungkapkan, di tahun ini, akan ada 165 siswa sekolah mitra di Kota Medan yang akan menerima beasiswa dari program Tanoto Foundation. Mereka pastinya adalah siswa pilihan yang beruntung karena berhasil mendapatkan salah satu beasiswa paling prestisius di Indonesia.

“Saya berharap akan lebih banyak warga Kota Medan yang bisa dibantu dengan pemberian beasiswa, sehingga kesempatan meraih pendidikan yang lebih baik akan bisa didapat setiap individu yang ingin berjuang demi kemajuan bangsa dan negara ini,” harap Akhyar.

Ketua Yayasan Bhakti Tanoto Margaretha Ari Widowati mengatakan, Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh dalam bidang pendidikan.

“Filosofi Tanoto Foundation adalah pendidikan berkualitas mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Kami mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan berkualitas dari usia dini sampau usia berkarya,” sebutnya

Melalui program ini, tambah Margaretha, pendiri Tanoto Foundation memberi kesempatan kepada anak-anak di Kota Medan dan sekitarnya untuk merealisasikan potensinya secara penuh melalui akses pendidikan yang berkualitas.

“Kami berharap mereka bisa berprestasi agar bisa menghadapu tantangan dan memperbaiki kehidupannya di masa depan,” harap Margaretha.

Selanjutnya, Wakil Walikota dan Dewan Penasihat Tanoto Foundation Hermanto Tanoto, Ketua Yayasan Bhakti Tanoto Margaretha Ari Widowati menyaksikan penandatanganan beasiswa sekolah Tanoto Foundation dengan mitra sekolah.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan merchendise secara simbolis kepada 3 orang penerima beasiswa Tanoto Foundation yakni Diny Aulya Fitri SMP Dr Wahidin Sudirogusodo, Jenry Wandiko Sitopu SMA Letjen Haryono MT, Yutri SMK Brigjen Katamso. (rm-05)