Pemko Medan dan Baznas Salurkan Zakat kepada Korban Kebakaran Jalan S Parman

115297

Medan | rakyatmedan – Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyalurkan zakat kepada korban kebakaran di Jalan S Parman Gang Langgar, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru.

Penyaluran zakat ini dipimpin Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Setda Kota Medan Musaddad Nasution bersama Kabag Agama Kota Medan Adlan, Ketua Baznas Sumut H Amansyah Nasution dan Ketua Baznas Kota Medan H Azwar, Lurah Petisah Hulu Elkana Tarigan, Jumat (04/10/2019)

Bantuan ini diberikan kepada 67 KK korban kebakaran atau sekitar 385 jiwa yang menghanguskan 44 rumah warga. Ke 44 rumah ini ludes terbakar akibat konsleting listrik pada hari Selasa (1/10) lalu.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa uang sebesar Rp 1 juta dari Baznas Sumut kepada 44 rumah yang hangus terbakar, sedangkan Baznas Kota Medan menyalurkan uang sebesar Rp700 ribu kepada pemilik 44 rumah dan kepada KK yang tidak memiliki rumah tetapi tinggal di rumah tersebut diberikan uang sebesar Rp400 ribu.

Usai menyalurkan zakat, Aspem mengatakan setiap manusia yang hidup di dunia ini pastinya tidak terlepas dari ujian yang diberikan oleh Allah ta’ala. Ujian itu tidak hanya berupa kesusahan, kesempitan, ketakutan ataupun kelaparan, tetapi ujian itu juga bisa dalam bentuk kebahagiaan dan kelebihan rezeki.

“Musibah, ujian dan azab merupakan tiga kata yang memiliki arti hampir sama. Hampir setiap hari kita mendengar bahkan mengucapkan ketiga istilah tersebut tanpa kita ketahui pasti arti dan makna sebenarnya. Untuk kebakaran yang melanda kita kali ini pun kita belum bisa menentukan apakah ini musibah, ujian atau azab allah kepada kita,” kata Musaddad.

Apapun bentuknya, ungkap Musaddad, ujian itu akan diberikan kepada hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya, agar bisa diketahui mana hambanya yang mampu bersabar dalam setiap ujian tersebut.

“Jika ia berhasil melewatinya, maka insha Allah ia akan dimasukkan Allah ke dalam golongan hambanya yang sabar dan ikhlas,” ungkapnya.

Hari ini, jelas Musaddad, Baznas Kota Medan menjadi salah satu pihak yang paling terdepan membantu para korban kebakaran dalam bentuk penyaluran zakat dan infaq. Meskipun jumlahnya tidak seberapa dibandingkan kerugian yang dialami puluhan warga gang langgar dan gang pasir yang menjadi korban kebakaran lalu, namun insha Allah bantuan dari Baznas Kota Medan ini paling tidak akan mampu meringankan beban yang diderita para korban.

“Bantuan zakat/infaq ini merupakan sebagian dari yang bisa dikumpulkan dari para muzakki umat islam Kota Medan. Sampai saat ini jumlah nominal zakat yang bisa dikumpulkan dari para muzakki masih sangat jauh dari potensi sebenarnya nilai zakat umat islam di Kota Medan,” jelas Aspem.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan H Azwar mengucapkan rasa prihatin atas musibah kebakaran tersebut. Ia berpesan kepada warga agar tabah dan kuat menghadapi cobaan tersebut.

‘’Insya Allah Baznas siap menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak kebakaran. Dengan bantuan ini semoga dapat meringankan korban kebakaran,” harap Azwar. (rm-05)