Medan | takyatmedan – Sebanyak 60 peserta konduktor mengikuti Pelatihan Conducting yang diadakan Pemko Medan bersama Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Kota Medan di Swiss Belinn Hotel Jalan Gajah Mada, Sabtu (12/10/2019).

Pelatihan yang di buka Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan Albon Sidauruk digelar dalam rangka menyambut Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) se Kota Medan pada tanggal (1/12) mendatang. Dengan tujuan untuk memimpin dan melatih paduan suara untuk tingkat pemula dan menengah.

Adapun kategori dalam perlombaan Pesparawi yakni Paduan suara anak, Paduan suara remaja, Paduan suara dewasa, Solo anak (7-9 tahun) dan (10-13 tahun), Solo Remaja, Solo dewasa, Vocal group, dan musik pop gereja (band).

Dalam arahannya, Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan Albon Sidauruk mengatakan salah satu unsur musik dalam ibadah gereja pada hari minggu adalah paduan suara.

“Walaupun keberadaannya tidak dan belum mutlak bagi sebagian gereja, namun tidak dapat disangkal bahwa kehadiran paduan suara dalam peribadatan membawa pengaruh kuat terhadap jemaat dan kelangsungan ibadah itu sendiri,” kata Kadis P2K.

Selanjutnya mantan Kabag Organisasi Tata Laksana menyampaikan untuk mendukung pelayanan paduan suara yang enak dan baik didengar, tentunya dibutuhkan pelatih paduan suara. Pelatih inilah yang nantinya melatih setiap anggota paduan suara untuk menghasilkan alunan lagu yang enak didengar.

“Menjadi pelatih paduan suara bukanlah merupakan hal yang mudah. Untuk menjadi seorang pelatih paduan suara tentunya harus memiliki teknik yang mumpuni, baik artikulasi, pernafasan diafragma, sikap badan, resonansi, vibrato, serta intonasi,” ungkap Albon.

Untuk itu, jelas Albon, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, para pelatih tingkat pemula dan menengah dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan sehingga nantinya dapat membawa anak-anak paduan suaranya meraih berbagai prestasi di bidang olah vokal, khususnya paduan suara.

“Banyak kita dengar, paduan-paduan suara gereja yang meraih berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam sambutan singkatnya, Ketua LPPD Kota Medan Anton Panggabean berharap dengan digelarnya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta menambah pertemanan. Disamping itu, acara ini nantinya dapat berkelanjutan di kemudian hari.

“Semoga ilmu yang diberikan pada hari ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, serta silaturahmi yang dijalin pada saat ini dapat berjalan hingga di masa mendatang,” harap Anton.

Pelatihan ini turut dihadiri Kadis Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak selaku Ketua Panitia Paskah Oikumene Kota Medan, Bendahara LPPD Kota Medan Maslen Simamarta, dan Ketua Sumatera Berdoa JA Fernandus. Serta menghadirkan 2 orang narasumber yakni Ansgar Baringin Manurung dan Hendra Fisher Lingga. (rm-05)