Pengunjung saat meramaikan pameran pekan karya ilmiah yang berlangsung di Halaman Biro Rektor UIN SU Jalan Willem Iskandar Medan
Pengunjung saat meramaikan pameran pekan karya ilmiah yang berlangsung di Halaman Biro Rektor UIN SU Jalan Willem Iskandar Medan

Medan I rakyatmedan – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) menggelar pekan karya ilmiah yang berlangsung sejak 14 sampai – 18 oktober 2019 di Halaman Biro Rektor UIN SU Jalan Willem Iskandar Medan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan produktifitas karya ilmiah di UIN Sumatera Utara,” kata Ketua panitia Prof Dr Syafaruddin MPd, Rabu (16/10/2019)

Disebutkannya tujuan digelarnya kegiatan ini kata Syafaruddin sebagai sarana diseminasi karya dosen dan mahasiswa UIN Sumatera Utara, baik berupa buku, penelitian dan karya ilmiah lainnya.

Selain itu sebagai media silaturrahmi dan sharing informasi di kalangan praktisi pendidikan. Memberikan peluang bagi dosen untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di tingkat nasional dan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas buku ilmiah dosen UIN Sumatera Utara.

Pelaksana yang melibatkan Biro Administrasi Akademik, kemahasiswaan dan kerjasama, Dosen dan mahasiswa UIN SU, penerbit dan pegiat perbukuan serta masyarakat luas pada umumnya.

Salah seorang mahasiswa, Firdha, mengatakan sangat senang dengan kegiatan tersebut salah satunya adanya pameran buku. Dengan adanya pameran buku itu, ia menjadi lebih mudah mencari buku yang ia butuhkan dan banyak pilihan dan referensi buku terbaru.

“Senang sekali, terutama pameran buku ini. Banyak referensi buku baru disini, dan kebetulan saya mau belajar buka usaha jadi saya cari buku bisnis,” ungkap mahasiswa yang mengaku jurusan bahasa Arab ini.

Selain mahasiswa, ternyata para penerbit juga sangat antusias. Seperti pengakuan Aidil dari Penerbit PT.Agromedia yang berkantor perwakilan di Jalan Tasbih I Medan ini bahwa pada pameran ini ia membawa 1000 judul buku yang tiap perjudulnya ia bawa 3 eksemplar.

” Ini sudah agenda tahunan. Kami pilih disini karena antusiasnya sangat tinggi dibanding diluar. Pameran dari kemarin. Perhari habis terjual 20 judul buku. Topik buku yang saya bawa bervariasi mulai buku-buku dengan topik-topik Islam, buku-buku remaja juga ada,” ungkapnya.

Sementara itu, adapun kegiatan pada Pekan Karya Ilmiah ini di antaranya bedah buku dan hasil penelitian para dosen UIN SU.

Pameran buku murah berkualitas, diikuti oleh 22 grup penerbit nasional, antara lain penerbit Agro Media Group Jakarta, Mizan group Bandung, Niaga Swadaya Jakarta, dan lainnya.

“Harapan kami melalui kegiatan tersebut semakin meningkatnya budaya ilmiah di kalangan para dosen dan mahasiswa UIN SU pada khususnya dan masyarakat sumatera utara pada umumnya, meliputi budaya menulis, membaca, meneliti, diskusi serta publikasi,” tandasnya.

Sementara itu, pantauan di arena kegiatan dipenuhi mahasiswa baik mengikuti sejumlah kegiatan dan juga membeli buku-buku di pameran buku yang harganya cukup murah.

Semua perguruan tinggi memiliki cita cita agar menjadi Universitas riset kelas dunia, hal ini tentunya memerlukan dukungan dan partisipasi seluruh civitas akademika dan seluruh stakeholder perguruan tinggi untuk memacu dan meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi ilmiah. (rm-04)