Jakarta | rakyatmedan – Joko Widodo-Ma’ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Pelantikan Jokowi-Ma’ruf ditandai dengan pengambilan sumpah di paripurna MPR, Minggu (20/10/2019).

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden (Wakil Presiden) Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Jokowi-Ma’ruf, Minggu (20/10/2019).

Usai pengambilan sumpah, Jokowi-Ma’ruf menandatangani berita acara pelantikan. Jokowi merupakan presiden terpilih di Pilpres 2019. Bersama Ma’ruf Amin, Jokowi mengalahkan pasangan Prabowo-Sandi.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dihadiri sejumlah tokoh nasional. Turut hadir Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Sejumlah menteri kabinet kerja, hingga 17 perwakilan negara sahabat.

Sepulang pelantikan di MPR, Jokowi kembali ke Istana Negara, di sekitar istana kepresidenan, Jokowi akan disambut ratusan relawan yang sudah memadati ruas Medan Merdeka untuk merayakan pelantikan.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Jokowi mengapresiasi inisiatif relawan yang ingin menggelar acara usai pelantikan di sekitar Istana Merdeka. Namun, kata Moeldoko, Jokowi menginginkan acara berjalan sederhana, khidmat, dan agung.

“Presiden ingin segera bekerja, sehingga harapannya tidak ada acara yang bersifat pengerahan massa dan karnaval budaya dan seterusnya,” kata Moeldoko.