Medan | rakyatmedan – Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang diperingati tanggal 10 November mendatang, Kodim 0201/BS menggelar Perlombaan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Baca Puisi bagi pelajar tingkat SMA/sederajat di Atrium Sun Plaza, Jalan KH Zainul Arifin Medan, Minggu (20/10/2019).

Tujuannya untuk mencari bibit calon-calon prajurit yang cinta tanah air dan siap menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan yang dibuka Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga diwakili Perwira Seksi Intelejen (Pasi Intel) Kodim Mayor Andri ini dihadiri Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan bersama Sekretaris Dinas Pariwisata Said Chaidir.

Kegiatan ini juga cukup mendapat perhatian dari pengunjung mall. Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang memenuhi area atrium untuk melihat langsung.

Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor Andri dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman bagi pelajar tentang aturan baris berbaris yang baik dan benar. Selain itu juga menjadi wadah menyalurkan hobi, bakat dan kreatifitas yang dimiliki.

“Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan pemahaman bagi generasi muda yang memiliki ketertarikan dalam hal baris-baris. Dengan harapan, nantinya pemahaman ini dapat menjadi modal awal bagi generasi muda yang ingin mengabdikan diri sebagai seorang prajurit di masa mendatang,” kata Mayor Andri.

Di samping itu, perlombaan yang diikuti puluhan tim dari sejumlah sekolah di Kota Medan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda menjadi individu yang kuat, sigap, tegas dan tangkas.

“Tunjukkan yang terbaik bahwa kalian adalah calon-calon pemimpin yang berkualitas. Selamat bertanding, tunjukkan kreatifitas dan junjung tinggi sportifitas,” pesannya.

Usai acara, Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan mengatakan Pemko Medan mengapresiasi digelarnya acara tersebut.

Dirinya mengungkapkan,  kegiatan ini menjadi saran edukasi dalam mendukung generasi muda untuk melakukan hal-hal positif sehingga terhindar dari perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

“Ini menjadi bentuk bahwa semua pihak berperan serta membentuk karakter unggul bagi anak-anak kita khususnya di usia sekolah. Semoga semakin banyak kegiatan positif lain yang diadakan agar generasi kita senantiasa mencurahkan pikiran dan kemampuannya untuk melakukan hal positif lewat prestasi yang membanggakan,” ungkapnya. (rm-05)