Medan | rakyatmedan – Pemko Medan akan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1441 H di Lapangan Porta Jalan Kepribadian, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Selasa (12/11/2019) mendatang.

Direncanakan, peringatan hari kelahiran Rasulullah itu akan dihadiri ribuan umat Islam dan menghadirkan pentausiah dari ibukota Jakarta, Al Ustadz Abi Makki.

Agar pelaksanaan maulid berlangsung lancar seperti yang diharapkan, Pemko Medan terus merampungkan persiapan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, mulai pembenahan lapangan, kebersihan, infrastruktur jalan, lokasi parkir, kelancaran arus lalu lintas serta tenda tempat acara berlangsung.

“Alhamdulillah, persiapan yang dilakukan mulai rampung. Kita harapkan semua OPD dapat melaksanakan seluruh uraian tugas yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga pelaksanaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW berjalan dengan lancar,” kata Asisten Pemerintahan (Aspem) Setdako Medan Musadad Nasution ketika memimpin rapat koordinasi persiapan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Balai Kota Medan, Rabu (06/11/2019).

Dalam rapat yang turut dihadiri Kasatpol PP Kota Medan H M Sofyan, Kabag Agama Adlan, Kabag Tata Pemerintah Ridho Nasution, camat dan perwakilan OPD, Musaddad menjelaskan, peringatan maulid akan dimulai pukul 09.00 WIB.

“Untuk itu sebelum pukul 09.00 WIB, kita harapkan semua telah hadir di lokasi acara,” ungkapnya.

Selanjutnya kepada perwakilan Dinas Perhubungan, Musaddad minta agar berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Medan guna mengantur arus lalu lintas, sehingga selama pelaksanaan maulid berlangsung hingga berakhir, arus lalu lintas berjalan dengan aman dan lancar sehingga tidak mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan.

Untuk Dinas Kebersihan dan Pertaman, Musaddad mengingatkan, selain memastikan lokasi acara bersih, juga berkoordinasi dengan PLN sehingga lampu tidak mati pada saat pelaksanaan maulid berlangsung. Kemudian memasang lampu-lampu penerangan dan menyediakan mobil toilet di sekitar lokasi acara.

Lalu, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K), Musaddad minta menyiram jalan yang berada di depan lokasi acara apabila cuaca panas untuk mencegah abu beterbangan dan menempatkan 1 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) siaga di lokasi acara. Kemudian, minta kepada Dinas Kominfo Kota Mean agar menyebarluaskan informasi sehingga warga yang datang mengikuti maulid lebih banyak lagi.

Demi kenyamanan dan ketenangan warga menuju lokasi acara, Musaddad pun mengingatkan agar Dinas Pekerjaan Umum agar menambal jalan yang rusak di sekuitar lokasi acara serta melakukan pengorekan selokan maupun drainase, sehingga tidak terjadi genangan air pada saat hujan.

“Sedangkan Dinas Kesehatan, kita minta menyediakan ambulan beserta petugas dan obat-obatan. Apabila ada yang membutuhkan pelayanan kesehatan, cepat ditangani,” ujarnya.

Terakhir, Musaddad minta kepada Satpol PP agar menurunkan petugas untuk mengamankan lokasi acara sehingga pelaksanaan maulid dapat berjalan dengan baik.

“Demi ketenangan dan kkhusyukan selama pelaksanaan maulid berlangsung, petugas Satpol PP untuk tidak membenarkan pedagang kaki lima maupun gelandangan pengemis (gepeng) berseliweran di lokasi acara!” pungkasnya. (rm-05)