Medan I rakyatmedan -Dalam upaya membangun konektivitas digital di Indonesia, Telkom, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, bersama Huawei, perusahaan TIK terkemuka global, menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai dibentuknya program riset dan inovasi 5G bersama.

Kerjasama itu sebagai wujud upaya bersama dalam turut mendorong dikembangkannya arsitektur jaringan melalui penerapan beragam use case yang sesuai dengan kebutuhan Telkom Group.

Dalam keterangan tertulis yangg diterima rakyatmedan, Jumat (8/11/2019) pengembangan riset bersama tersebut nantinya akan mencakup sejumlah riset yang di antaranya mengenai teknologi-teknologi kunci di bidang 5G, seperti 5G Transport, teknologi antena massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output), kapasitas jaringan, jaringan pintar, serta SDN (Software-Defined Networking)/NFV (Network Functions Virtualization).

Dalam kegiatan itu Telkom bersama Huawei Cloud juga menandatangani nota kesepahaman mengenai kesiapan dengan menghadirkan layanan cloud.

Itu dilakukan untuk mendukung terwujudnya evolusi dan inovasi teknologi di masa depan melalui dikembangkannya Laboratorium Inovasi Kecerdasan Buatan (AI) terkait teknologi cloud, serta berinisiatif membentuk komunitas pengembang peranti lunak khususnya untuk layanan cloud.

Hadir mewakili Telkom adalah Faizal R. Djoemadi, Digital Business Director and Joddy Hernady, Senior Vice President Media & Digital Business.

Sedangkan dari pihak Huawei diwakili Allen Yu, Huawei Telkom Account Director. Hadir pada penandatanganan itu Andy Ma, Huawei Indonesia Carrier Business Group CEO.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di bidang Teknologi Cloud antara Huawei dengan Telkom. Tampak dalam foto, dari kiri ke kanan adalah Andy Ma, Huawei Indonesia Carrier Business Group CEO, Huawei; Faizal R. Djoemadi, Telkom Digital Business Director; Allen Yu, Huawei Telkom Account Director, Huawei; Joddy Hernady, Senior Vice President Media & Digital Business, Telkom (Foto doc. of Huawei).

Faizal R. Djoemadi, Telkom Indonesia Digital Business Director menuturkan, cloud merupakan salah satu bagian penting dalam infrastruktur 5G.

” Melalui kerja sama ini, kami berharap tidak saja dapat merasakan suguhan teknologi 5G terbaik yang dihadirkan Huawei, namun kami juga dapat mensintesis dari pengalaman Huawei yang sudah maju di bidang teknologi 5G di tingkat global,” katanya.

Dia juga berharap kerja sama ini dapat menjadi salah satu cara dalam menguatkan dukungan mempercepat terwujudnya digitalisasi di Indonesia.

” Mari kita galang kerja sama bisnis yang saling menguntungkan ke depannya.” ujarnya

Andy Ma, Carrier Business Group CEO, Huawei Indonesia mengatakan, kolaborasi ini merupakan wujud komitmen dalam memperkuat pengembangan infrastruktur TIK demi mendorong dihadirkannya pengalaman digital terbaik dalam menyongsong kehadiran gelombang digital yang tidak terelakkan lagi.

“Kami merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Telkom dan berharap dikembangkannya program riset dan inovasi 5G bersama ini akan berkontribusi terhadap kemajuan perkembangan TIK menuju terwujudnya Digital Indonesia sepenuhnya.” katanya.

Dengan lahirnya teknologi 5G yang membawa perubahan-perubahan besar di berbagai bidang, seperti kehidupan digital, perawatan medis, transportasi, IoT, manufaktur, hingga banyak sektor lainnya.

Menurutnya, kerjasama ini menjadi pengejawantahan akan komitmen dan upaya Telkom bersama dengan Huawei demi mendukung terwujudnya transformasi menuju Indonesia digital dan cerdas, serta pengembangan inovasi teknologi yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Selama ini, Telkom merupakan mitra strategis bagi Huawei di Indonesia. Keduanya telah menjalin kerja sama di bidang TIK dalam 15 tahun jalinan kemitraan yang erat di antara keduanya . (rm-04)