Medan | rakyatmedan – Acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas 1 A Khusus dari DR Djaniko SH MHum kepada Sutio Jumagi Akhirno SH MHum yang dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, berlangsung lancar dan penuh khidmat di Ruang Cakra 1 Gedung PN Medan Kelas 1 A Khusus, Senin (11/11/2019).

Selain Plt Walikota, acara tutur dihadiri Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy Hansen J Sinaga SSos serta unsur Forkopimda Kota Medan. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.

Kemudian dilanjutkan Surat Keputusan dari MA serta diteruskan pengambilan sumpah didampingi seorang rohaniawan Islam. Selanjutnya diikuti dengan penandatanganan berita acaar pengambilan dan fakta integritas.

Setelah itu dilakukan pelantikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setiawan Hartono SH MH yang diikuti dengan pemasangan kalung jabatan.

Usai pelantikan, Ketua PT Medan kemudian memberikan ucapan selamat kepada Sutio Jumagi Akhirno SH MHum yang kini resmi menjabat sebagai Ketua PN Medan Kelas I A Khusus. Setelah itu giliran Plt Walikota menyampaikan ucapan selamat dan diikuti satu persatu unsur Forkopimda Kota Medan.

Akhyar yakin, Ketua PN Medan kelas I Khusus yang dilantik dan diambil sumpahnya saat ini maupun Ketua PN Medan Kelas I Khusus sebelumnya, merupakan praktisi hukum yang mempunyai kemampuan mumpuni dan bisa diandalkan jika berhadapan dengan berbagai proses hukum.

“Semoga tugas yang saudara emban akan menjadi amanah yang mampu dipertanggungjawabkan di mata hukum negara maupun di hadapan Tuhan,” kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya mengatakan, rotasi jabatan merupakan hal yang wajar dalam rangka penyegaran dan pembenahan internal.

Dikatakannya, promosi dan mutasI merupakan kebijakan strategis MA untuk memastikan bahwa pimpinan peradilan diiisi oleh orang-orang yang berkompeten dan bersemangat dalam penegakan hukum.

Dengan pengambilan sumpah dan pelantikan yang dilakukan, Akhyar berharap agar Ketua PN Medan Kelas I A Khusus dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, teliti, cermat serta kehati-hatian.

Di samping itu juga senantiasa berpedoman kepada kode etik dan pedoman perilaku hakim.

“Atas nama seluruh jajaran Pemko Medan, saya mengucapkan selamat kepada Ketua PN Medan Kelas I A Khusus. Semoga amanah yang dipercayakan ini dapat dijalankan dengan baik dan mampu menyelesaikan seluruh persoalan hukum. Sedangkan kepada pejabat yang lama, saya ucapkan terimakasih atas pengabdiannya dan selamat bertugas di tempat yang baru,” ungkapnya. (rm-05)