Medan | rakyatmedan – Nabi Muhammad SAW memiliki sifat-sifat mulia yang harus diteladani oleh seluruh umat Islam. Termasuk para aparatur sipil negara (ASN) sebagai penggerak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), diharapkan meneladani Nabi Muhammad SAW, khususnya akhlak mulianya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang digelar Pemprov Sumut, di Masjid Agung, Jalan Diponegoro Medan, Selasa 12/11/2019).

“Akhlak merupakan kunci pokok tatanan hidup manusia, teladani akhlak Nabi, untuk mewujudkan aparatur sipil negara yang berakhlakul karimah menuju Sumut bermartabat,” katanya.

Disampaikan juga, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan menjadi momentum untuk mengingat kembali perjalanan hidup Nabi. “Esensi peringatan Maulid Nabi sesungguhnya untuk meneladani setiap pikiran, ucapan, dan tindakan beliau, kita patut mengimplementasikan tindakan beliau dalam mengisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Rasulullah Muhammad SAW telah memberi teladan kepada manusia untuk membangun tatanan negara yang adil. Serta menjunjung tinggi keadilan sosial, kebersamaan masyarakat, serta supremasi hukum. “Rasul adalah role model yang baik bagi kita,” katanya.

Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut Muhammad Yusuf mengatakan, peringatan tersebut bertujuan agar para ASN dapat mengingat kembali keteladanan Rasul. Khususnya menjalankan ibadah, menciptakan pribadi yang jujur, adil, dan disiplin.

BACA JUGA OPD Pemprov Sumut Dilatih Penggunaan Aplikasi SIMDA
“Serta prinsip-prinsip lain yang dicontohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, agar lebih bertanggung jawab kepada tugas-tugasnya, sehingga Sumut Bermartabat dapat terwujud,” ucap Yusuf, sembari mengatakan peringatan Maulid Nabi sudah menjadi agenda rutin Pemprov Sumut setiap tahun.

Sementara itu, dalam ceramahnya Ustaz Tengku Zulkarnain menyampaikan, tidak ada Nabi lain setelah Nabi Muhammad SAW. Menurutnya Nabi Muhammad adalah manusia sempurna yang diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia. Karena itu, peringatan maulid ini harus dibarengi dengan meneladani sifat-sifat Rasul.

“Baginda Rasul lebih mulia dari seluruh manusia, karena lebih mulia, sifat-sifatnya harus kita teladani sebagai umat,” ujar Ustaz Tengku Zulkarnain.

Ratusan ASN dan sejumlah pejabat Pemprov Sumut yang hadir tampak khidmat mendengar tausiah yang disampaikan Ustaz Tengku Zulkarnain hingga akhir acara.