Bogor | rakyatmedan – Tim nasional Indonesia U23 sukses mengalahkan Iran U23 dengan skor tipis 2-1 dalam lanjutan laga kedua, uji coba Internasional yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (16/11/2019). Dua gol Indonesia dicetak oleh Muhammad Rafli dan Egy Maulana Vikri, sedangkan satu gol Iran dibukakan oleh Reza Shekari Ghezelghayeh.

Indonesia U23 tampil menekan Iran U23 sejak awal laga. Bagas Adi Nugroho dan kawan-kawan mencoba membongkar pertahanan lawan, namun hanya beberapa kali serangan mereka sampai ke barisan terakhir lawan, sisanya putus di lapangan tengah daerah lawan. Ada satu serangan Iran yang hampir membahayakan tim tuan rumah, sundulan dari pemain depan Iran, Aref Agashi, masih mengarah jauh dari gawang Nadeo.

Indonesia terus membangun serangan melalui transisi positif, mereka disiplin selama bertahan, untuk menciptakan peluang dengan cepat melalui taktik itu.

Gol pertama untuk Indonesia akhirnya datang, melalui serangan balik cepat, bola direct ke jantung pertahanan lawan sempat dihalau kiper Iran, Meraj Esmaeili, namun dia tidak cekatan dalam mengontrol bola, bola liar itu justru malah dimanfaatkan dengan cerdik oleh Muhammad Rafli. Tanpa pikir panjang, dirinya langsung menyodorkan bola ke gawang Iran yang ditinggal kipernya. 1-0 Indonesia memimpin pada menit ke-32.

Tertinggal satu gol, membuat Iran bermain terbuka, serangan mereka semakin deras, itu justru yang membuat mereka mendapat peluang di menit ke-39, cerobohnya barisan pertahanan Indonesia dalam menghalau bola, justru dijatuhi hukuman tendangan penalti dari wasit. Reza Shekari Ghezelghayeh dengan sempurna menjaringkan bola ke gawang Nadeo. Kedudukan untuk sementara, sama kuat 1-1.

Sampai turun minum, kedudukan tak berubah, 1-1 untuk kedua tim bertahan di laga seru sore itu.

Mulai babak kedua, pergantian pemain dilakukan Indra Sjafri. Egi, Saddil masuk untuk menambah daya gedor Garuda Muda. Terbukti pergantian berjalan baik, Egy Maulana Vikri bisa mencetak gol pada menit ke-84.

Gol Egy berasal dari proses serangan balik dan kerjasama dengan Muhammad Rafli mengecoh kiper Iran yang sudah salah langkah dan tak bisa mengantisipasi bola dengan baik. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Mencoba bangkit, Iran melakukan daya dan upaya untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun hingga pertandingan berakhir, skor tetap sama. Ada satu peluang Iran ke gawang Indonesia, tetapi bola masih deras melaju disamping gawang yang dijaga oleh Nadeo Arga Winata.

Hasil 2-1 ini menjadi kemenangan Indonesia, setelah pada laga pertama di Bali, mereka hanya bermain imbang 1-1 melawan Iran. Kemenangan ini juga menjadi modal bagus bagi Indonesia untuk menatap gelaran Sea Games Manila 2019 yang akan berlangsung akhir bulan ini.