Medan | rakyatmedan – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Sunggal membagikan ratusan nasi bungkus kepada warga di Jalan Sunggal Lingkungan XII, persisnya Simpang Tiga, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (22/11/2019).

Pembagian nasi bungkus gratis ini merupakan kegiatan rutin setiap Jumat yang dilaksanakan Polsek Medan Sunggal bekerjasama dengan Kecamatan Medan Sunggal.

Ada 500 nasi bungkus gratis yang dibagikan Plt Walikota bersama Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, Camat Medan Sunggal M Indra Mulia Nasution serta Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho Nasution.

Pembagian nasi bungkus dilakukan mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Antusiasme masyarakat, terutama warga kurang mampu cukup tinggi. Dengan sabar, mereka menunggu giliran untuk mendapatkan nasi bungkus.

Sebelum pembagian nasi bungkus dilakukan, Plt Walikota lebih mengajak belasan pelajar untuk menjaga kebersihan di sekitar warung tempat pembagian nasi bungkus dilakukan.

Ajakan itu diwujudkan dengan mengutip sampah, terutama berbahan plastik yang berserakan dan membuangnya di keranjang sampah yang telah disediakan. Dalam hitungan menit, kawasan warung tempat pembagian nasi bungkus gratis pun bersih.

Sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada para siswa, Plt Walikota selanjutnya memberikan uang untuk jajan.

“Menjaga kebersihan harus melibatkan semua pihak, terutama para pelajar. Mulai sejak dini mereka harus kita ajak untuk menjaga kebersihan. Jika semua pelajar tergerak menjaga kebersihan, Insya Allah keinginan menjadikan Medan Rumah Kita bersih sampah, Insya Allah akan terwujud,” kata Plt Walikota.

Selanjutnya Plt Walikota menyampaikan ucapan terima kasih kepada Muspika Kecamatan Medan Sunggal, sebab telah meninisiasi digelarnya pembagian nasi bungkus gratis ini kepada warga, terutama yang kurang mampu setiap hari Jumat, jelang pelaksanaan Shalat Jumat.

Diharapkannya, kegiatan ini dapat menggugah yang lainnya untuk dapat menyisihkan sebagian rezekinya sehingga dapat dinikmati orang lain, terutama warga kurang mampu.

“Alhamdulilah, pagi jelang siang ini kita bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Sunggal membagikan 509 nasi bungkus gratis kepada warga. Kegiatan ini harus kita dukung penuh, selain membantu warga yang kekurangan, tentunya ini menjadi sedekah bagi kita sehingga Allah SWT dapat menambah rezeki kita dan menjadikan ini sebagai ladang amal bagi kita,” ungkapnya.

Terkait itu, Plt Walikota atas nama Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada unsur Muspika Kecamatan Medan Sunggal, terutama camat, kapolsek, kepala lingkungan XII serta ibu-ibu yang telah bahu membahu untuk memberikan nasi bungkus gratis. Apalagi kegiatan sedekah itu dilakukan setiap hari Jumat. Selain pembagian nasi bungkus gratis, sebelumnya juga dilakukan makan gratis bersama.

“Terima kasih atas sedekah yang dilakukan. Selain mendapatkan amal dan pahala, tentunya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Mari terus kita tingkatkan semangat berbagi ini. Selain di Kecamatan Medan Sunggal, kita harapkan kecamatan lainnya yang ada di Kota Medan juga dapat melakukan hal yang sama,” harapnya. (rm-05)