Medan | rakyatmedan – Pemko Medan mendukung penuh dilaksanakannya Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sebagai upaya untuk mendata seluruh masyarakat Indonesia termasuk Kota Medan agar terdaftar dalam data base sehingga tercatat dan terverifikasi secara akurat dan jelas. Dengan demikian, seluruh masyarakat dapat menerima hak warga negara secara adil dan merata sekaligus mendukung program pemerintah menuju satu data kependudukan Indonesia.

“SP2020 menjadi sesuatu yang urgent untuk dilakukan mengingat pentingnya data dan informasi kependudukan yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Untuk itu perlu adanya sensus guna pemutakhiran data menjadi satu data terpadu,” kata Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Renward Parapat ketika membuka acara Sosialisasi Satu Data Kependudukan Indonesia di Le Polonia Hotel, Jalan Sudirman Medan, Rabu (27/11/2019).

Selain Asmum, kegiatan yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan ini juga turut dihadiri beberapa perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemko Medan, akademisi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, pimpinan organisasi serta tokoh lintas agama di Kota Medan.

Tujuannya, untuk ikut serta menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pada tahun 2020 mendatang, BPS akan melakukan sensus penduduk dan diharapkan masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi mensukseskan program tersebut.

Didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan Zulkarnain, Asmum selanjutnya mengungkapkan SP2020 akan dapat berjalan optimal jika seluruh komponen masyarakat ikut serta berperan aktif mendukung program SP2020 terutama masyarakat sebagai subjek pengumpulan data.

Oleh karenanya, lanjut Asmum, hendaknya seluruh media dan sarana dapat digunakan untuk menyampaikan program tersebut sehingga sampai di tengah-tengah masyarakat.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini diisi dengan pemaparan materi dan sesi diskusi bersama narasumber yakni Kepala BPS Kota Medan Enny Nuryani Nasution dan Kadisdukcapil Kota Medan.

Kegiatan ini juga menggaungkan tanda pagar (tagar) #MencatatIndonesia agar menggema sehingga dapat diketahui seluruh masyarakat Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia. (rm-05)