Rektor USU: PIKMN 2019 ajang Memupuk Persaudaraan antar Universitas

90925
Rektor USU Prof Dr H Runtung Sitepu SH MHum ketika membuka PIKMN 2019.
Rektor USU Prof Dr H Runtung Sitepu SH MHum ketika membuka PIKMN 2019.

Medan I rakyatmedan -Universitas Sumatera Utara (USU) untuk kedua kalinya menggelar Pameran Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Nasional (PIKMN) 2019.

Pada tahun lalu PIKMN masih berskala wilayah, namun pada tahun ini kegiatan itu ditingkatkan menjadi berskala nasional.

“Pupuklah rasa persaudaraan dan jadikan ajang perkenalan antar universitas yang bergabung dalam kegiatan ini,” ajak Rektor USU Prof Dr H Runtung Sitepu SH MHum ketika membuka PIKMN 2019 di selasar Auditorium kampus itu, Kamis (29/11/2019).

Pembukaan ditandai dengan  pemukulan gong dan pemotongan pita serta visitasi (kunjungan) ke beberapa stand pameran oleh rektor beserta tamu yang hadir.

Rektor mengingatkan, USU sebagai tuan rumah agar memperhatikan hospitality (ramah -tamah) terhadap tamu yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Pada kesempatan itu rektor mengapresiasi Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU sebagai panitia
yang bekerja keras terlaksananya kegiatan ini.

Ketua panitia Dr Budi Utomo SP MP menuturkan PIKMN 2019 yang berakhir Jumat (29/11/2019) ini mengusung tema Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa menuju Indonesia Emas 2045 dengan melibatkan penjurian dari lokal maupun nasional

Disebutkannya, PIKMN 2019 diikuti 45 tim terdiri atas 12 tim dari kampus luar Sumatera Utara yaitu perwakilan Jawa dan Makassar yakni ITB, IPB, UGM, UAD, UNIB, UNNES, UNDIP, UNEJ, UNRI DAN UNISMUH. Kemudian, dua tim dari Universitas Negeri Medan (Unimed) dan 31 tim dari USU.

PIKMN juga memiliki rangkaian acara lainnya yakni lomba karya tulis ilmiah diikuti 15 tim, lomba poster ilmiah dan poster promosi diikuti 79 tim, serta lomba fotografi diikuti 72 tim.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) dan Student Enterpreneurship Center (SEC yang menyelenggarakan 2 kegiatan lain yaitu Job Fair dan Expo Kewirausahaan secara terintegrasi.

Ketua PJK USU Prof Dr Ir Farel Hasiholan Napitupulu DEA menambahkan, 32 perusahaan turut ambil bagian untuk memamerkan produk serta 10 stand wirausaha unggulan dari SEC.

“Dalam kegiatan ini juga diadakan jobfair yang akan langsung mewawancarai calon pegawai baru,” ujarnya.

Turut hadir dan memberikan sambutan pada pembukaan pameran tersebut Staff Khusus Kementrian BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Mahendra Sinulingga.

Tampak hadir Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati MS, Wakil Rektor III Drs Mahyuddin KM Nasution MIT PhD, Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing MP, Ketua SEC USU Buchari ST MKes, para dekan dan wakil dekan di lingkungan USU. (rm-04)