Medan | rakyatmedan – Peringatan Hari Lahir ke 89 Al Jam’iyatul Washliyah diisi dengan kegiatan dzikir, doa serta pembacaan ayat suci Al-Quran di Masjid Lama Gang Bengkok di Jalan Mesjid Medan, Jumat (29/11/2019) malam. Diharapkan Al Jam’iyatul Washliyah terus berperan dalam melakukan pembinaan umat Muslim di Sumut khususnya Kota Medan lewat pengajaran dan pemahaman ilmu agama.

Acara yang dimulai usai Shalat Isya tersebut dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kabag Agama Setdako Medan Adlan. Di samping itu, sejumlah tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat turut dalam kesempatan tersebut termasuk mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin.

Dalam sambutan Plt Walikota yang dibacakan, Kabag Agama mengungkapkan bahwa umat Muslim Kota Medan harus mampu menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil Alamin (rahmat bagi semesta) atau agama yang dapat merangkul dan mengayomi semua pihak dalam segala aspek. Hal ini dibuktikan dengan senantiasa mengamalkan nilai-nilai baik dalam Al-Quran maupun sunnah.

“Rasulullah menganjurkan kita untuk banyak duduk dan hadir dalam majelis-majelis ilmu. Artinya kedudukan ilmu pengetahuan menjadi hal penting bagi umat Muslim agar nantinya ilmu yang dimiliki dapat digunakan untuk kebaikan bagi orang lain. Untuk itu, pertemuan malam ini, selain sebagai ajang silaturahmi juga sekaligus menambah ilmu bagi kita semua,” kata Adlan.

Selain dzikir, doa dan pembacaan ayat suci Al-Quran, kegiatan juga dirangkaikan dengan pengumpulan dana untuk pembangunan Madrasah Islamiyah Tapanuli yang juga berada di Jalan Mesjid, Gang Bengkok. Total dana yang terkumpul sebesar Rp31 juta hasil dari sumbangsih seluruh pihak agar pembangunan madrasah segera terealisasi. (rm-05)