Medan I rakyatmedan- Telkomsel bersama Huawei mendemonstrasikan potensi pemanfaatan teknologi 5G dalam berbagai macam pemanfaatan untuk lintas industry di perhelatan Telkomsel NextDev Summit 2019 di Jakarta.

“Demonstasi tersebut sekaligus menjadi upaya untuk memberikan gambaran akan wujud Indonesia digital di masa mendatang yang serba terkoneksi sepenuhnya,” ungkap Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi dalam keterangan tertulis diterima rakyatmedan, Rabu (11/12/2019)

Pada kesempatan yang sama, keduanya juga menggelar uji coba kehebatan jaringan 5G milik Telkomsel yang telah mendapatkan izin pelaksanaan uji coba dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, dengan menggunakan spektrum 28 GHz.

Pameran kali ini merupakan wujud konsistensi Huawei yang selama 20 kehadirannya di Indonesia selalu berkomitmen menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi dan inovasi untuk mendukung industri TIK.

Huawei dalam pameran ini menampilkan sejumlah potensi use case teknologi 5G di industri vertikal, tidak saja terbatas pada industri telekomunikasi, namun juga berbagai sektor industri lainnya, menuju terwujudnya kehidupan masyarakat yang lebih baik di masa depan.

Huawei mendemonstrasikan beragam penerapan 5G untuk pengembangan Kota Pintar berbasis teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dilengkapi dengan Intelligent Operation Center, industri Virtual Reality (VR) dan Gim berbasis cloud.

Selain itu operasional penanganan di area darat pada sebuah sistem Bandara Pintar, Pendidikan Pintar (kelas cerdas), Digitalisasi Industri yang didukung oleh cloud berbasis AI, sistem Keamanan Kota, Pertanian Pintar, hingga Finansial Pintar.

Heri juga menyampaikan, uji coba 5G ini menampilkan sejumlah use case teknologi 5G dan terlaksana atas kolaborasi yang baik antara Telkomsel bersama dengan Huawei, sebagai mitra strategis yang sudah berpengalaman dalam penyediaan infrastruktur dan teknologi jaringan.

Melalui sejumlah use case tersebut, Telkomsel ingin mengajak pengunjung untuk melihat dan merasakan sendiri beragam penerapan teknologi 5G di lintas industri, serta dalam mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia di masa depan.

“Uji coba 5G ini merupakan manifestasi komitmen Telkomsel yang kuat dalam melaksanakan transformasi menjadi perusahaan telko digital yang turut berada di garis depan dalam mendukung akselerasi bangsa melalui dihadirkannya teknologi yang mempercepat terbangunnya ekosistem Industri 4.0,” katanya.

Penerapan teknologi selular generasi kelima ini merupakan elemen penting dalam revolusi Industri 4.0, karena diyakini akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor industri, sekaligus memperkokoh daya saing bangsa di kancah global

Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, program ini dapat menumbuhkan tiga hal, yaitu spirit entrepreneurship, kreativitas yang merupakan ciri ekonomi kreatif, dan teknologi informasi yang ditandai dengan digitalisasi.

Seperti yang disampaikan oleh CEO Telkomsel bahwa ada transformasi yang luar biasa.

” Kita saat ini tengah menuju ke masyarakat digital dan menjadi kata kunci yang mesti kita respon sebaik-baiknya. Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan Huawei yang telah memberikan dukungan terhadap terselenggaranya program ini,” katanya

Jeffery Liu, President of Huawei South Pacific mengatakan, pameran teknologi 5G Huawei di perhelatan Telkomsel NextDev 2019 ini merupakan gambaran visi Huawei mengenai penggelaran teknologi 5G di masa depan.

Pameran ini juga menggambarkan beragam potensi use case teknologi 5G dalam mendukung terwujudnya Indonesia digital yang terkoneksi penuh, serta menegaskan dukungan komitmen dari Huawei kepada operator-operator terkemuka di Indonesia, seperti Telkomsel, melalui dihadirkannya jaringan yang kuat demi terlaksananya digitalisasi di industri, dan tersajinya pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Jeffery menambahkan, selama 20 tahun hadir di Indonesia, secara konsisten terus menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi dan inovasi TIK di Indonesia dengan mendukung operator terkemuka tanah air, seperti Telkomsel, dalam mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka melalui disuguhkannya inovasi-inovasi di ranah jaringan, layanan, dan diciptakannya model-model bisnis baru.

Sebagai pemimpin global di bidang TIK, Huawei telah meluncurkan beragam produk dan solusi 5G end-to-end secara komersial yang telah memenuhi standar 3GPP.

Huawei juga telah melakukan serangkaian uji coba 5G bersama perusahaan-perusahaan carrier di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Huawei berhasil menyepakati 60 kontrak komersial 5G dengan berbagai operator global, serta mengapalkan lebih dari 400.000 BTS 5G di seluruh dunia.

Selama perhelatan NextDev 2019 berlangsung, pengunjung dapat menyaksikan gambaran pemanfaatan teknologi 5G di masa depan, dihadirkan Huawei meliputi
5G + Kota Pintar berbasis teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dilengkapi dengan Intelligent Operation Center.

Huawei menghadirkan makna dan mengusung hal-hal baru pada pembangunan sebuah kota pintar, melalui solusi-solusi serta arsitektur teknologi yang dikembangkannya, dilengkapi dengan teknologi Intelligent Operation Center (IOC).

Kemudian 5G + industri Virtual Reality (VR) dan Gim berbasis cloud. Dengan mulai meriahnya industri gim berbasis cloud saat ini, kehadiran teknologi 5G dari Huawei + cloud gaming, diharapkan akan dapat membawa angin segar, karena lebar pita yang dihadirkan 5G mampu mendukung dilakukannya komputasi berbasis awan, kapanpun dan di manapun .

Dia juga menyebutkan 5G + operasional penanganan di area darat pada sebuah sistem Bandara Pintar.

5G berdayakan pembangunan sebuah platform komunikasi mutakhir berbasis cloud, video cloud, IoT, dan big data yang mendukung operasional penanganan di area darat sebuah Bandara Pintar.

5G + Sistem Kelas Pintar. Paduan teknologi AR dengan jaringan 5G yang memiliki lebar pita yang luas, latensi minimal, serta transmisi andal mendukung dihadirkannya komunikasi dan interaksi visual dalam sebuah kelas pintar, yang tampak begitu nyata.

Bahkan ketika kelas pintar tersebut diadakan dari lokasi yang terpencil sekalipun.

5G + sistem Keamanan Kota. 5G mendukung dibangunnya sebuah pusat komando dengan visualisasi yang real time untuk mendukung penanganan kondisi kegawatdaruratan di sebuah lokasi, secara cepat dan efisien.

5G + sistem Pertanian Pintar. Teknologi 5G yang dipadukan dengan teknologi-teknologi mutakhir, seperti IoT, AI, analytics, serta blockchain mendukung dikembangkannya sistem pertanian digital

Kelebihan lainnya 5G + Smart Finance. 5G mendukung institusi-institusi finansial dalam mengembangkan layanan finansial yang makin beragam dan makin tepersonalkan bagi nasabah.