Rektor Dorong Lulusan Unimed Kuasai Berbagai Kompetensi

154712

Medan I rakyatmedan -Sebanyak
1.531 lulusan Universitas Negeri Medan (Unimed) diwisuda di Gedung Serbaguna, Rabu (11/12/2019).

Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam sambutannya mengucapkan selamat atas kelulusan itu dan
berharap agar para wisudawan dapat meningkatkan kapasitas dirinya.

Tak cukup hanya dengan penguasaan teknologi saja, rekror juga mendorong para lulusan Unimed harus dilengkapi dengan penguasaan beberapa kompetensi lain.

Misalnya, bahasa asing agar bisa komunikatif pada tingkat global dan skill lain yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Karena itu kata Syamsul perlu diikuti beberapa pelatihan, kursus dan sertifikasi yang sejalan dengan ilmu dan skill yang sesuai dengan minat diri.

Jadi untuk menghadapi itu semua lulusan diperlukan 3 langkah, yakni harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan diri juga harus dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memacu produktivitas.

Selain itu lulusan harus berinovasi teknologi mellaui pengembangan start-up dengan memfasilitasi lembaga pendidikan dengan inkubasi bisnis.

Dia menyebutkan, harapan masyarakat pada Unimed sangat besar. Terbukti banyaknya pelajar yang berkeinginan masuk Unimed.

Untuk itu, bagi yang sudah masuk dan sedang menempuh pendidikan di Unimed, milikilah 7 sikap mental, satu diantaranya adalah etika.

Menurutnya mentalitas etis dalam kehidupan perlu lebih diperhatikan secara seriua para lulusan karena jika tak memiliki akan menyebabkan hilangnya hikmah sebagai profesional .

” Harapan besar itu menunjukkan bahwa profesi guru semakin berat dan strategis,”kata Syamsul.

Ke 1.531 lulusan yang diwisuda itu terdiri dari 160 program pascasarjana, 135 Fakultas Ilmu Pendidikan, 188 Fakultas Bahasa dan Seni, 146 Fakultas Ilmu Sosial, 378 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 162 Fakultas Teknik, 79 Fakultas Ilmu Keolahragaan dan 283 Fakultas Ekonomi.

Kemudian, 3 untuk Doktor Pendidikan, 19 Magister Humaniora, 123 Magister Pendidikan, 14 Magister Sains, 1.157 Sarjana Pendidikan, 40 Sarjana Sastra, 89 Sarjana Sains, 9 Sarjana Olahraga, 51 Sarjana Ekonomi dan 26 Ahli Madya.

Sementara itu, terdapat 9 orang dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi yakni M.Rizki Syahputra S2 Administrasi Pendidikan IPK 4,00, Diah Wulandari Sarjana Pendidikan IPK 3,77, Muhammad Reza Sarjana Bahasa IPK 3,95, Suib Sarjana Geografi IPK 3, 84, Pegi Khairunisa Sarjana Pendidikan IPK 3,88, Aji Ramadhan Sarjana Tata Boga IPK 3,70, Kurniawan Rizki Pratama Sipayung DIII Teknik Sipil IPK 3,54, Chehafni Damanik Sarjana Pendidikan IPK 3,68,  dan Sahara Lestari Sarjana Ekonomi IPK 3, 82. (em -04)