Kementerian PANRB Dorong Mahasiswa Berani LAPOR demi Perbaikan

80425
Deputi PANRB Prof Diah Natalisa bersama Rektor USU Prof Runtung Sitepu, mewakili Gubsu, Kepala LLDikti Wilayah I Prof Dian Armanto dan pejabat lainnya menekan tombol sirine pada pembukaan LAPOR! 'Goes To Campus' di Auditorium USU.
Deputi PANRB Prof Diah Natalisa bersama Rektor USU Prof Runtung Sitepu, mewakili Gubsu, Kepala LLDikti Wilayah I Prof Dian Armanto dan pejabat lainnya menekan tombol sirine pada pembukaan LAPOR! 'Goes To Campus' di Auditorium USU.

Medan I rakyatmedan-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong mahasiswa turut serta menyosialisasikan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ( LAPOR) demi perbaikan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini diperlukan agar mahasiswa bisa menjadi penyambung lidah terkait kebijakan pemerintah kepada masyarakat,” kata Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Prof Diah Natalisa di Auditorium kampus Universitas Sumatera Utara ( USU), Kamis (12/12/2019).

Pada sosialisasi aplikasi yang bertema Berani Lapor! itu kata Diah bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik yang lebih baik.

Disebutkan Diah, kampus sangat baik sebagai infrastruktur promosi pengguna LAPOR! karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam perbaikan layanan publik, terutama dari segi pengaduan.

Disebutkannya, saat ini hampir seluruh penyelenggara pelayanan publik, termasuk perguruan tinggi terhubung dengan platform itu.

Pembentukan tim pengelolaan pengaduan diserahkan pada masing-masing instansi pemerintah dan lembaga.

Untuk itu partisipasi masyarakat sangat diharapkan. Sebab tanpa partisipasi masyarakat, tidak akan tercapai tujuan pengaduan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

Karena itu, menurutnya juga perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait tata cara dan mekanisme dalam menyampaikan pengaduan, permintaan informasi, apresiasi maupun aspirasi dengan baik.

Pada sosialisasi LAPOR! Goes to Campus di USU yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara itu diikuti seribuan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sumatera Utara.

Kehadiran mereka sebagai generasi milenial untuk mengikuti sosialisasi aplikasi dari pemerintah, LAPOR!

Dengan aplikasi itu katanya mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan terhadap layanan pemerintah.

Rektor USU Prof Runtung Sitepu pada sambutannya menyatakan merupakan suat kebanggaan bagi USU dipercaya sebagai tuan rumah LAPOR! Goes to Campus.

Rektor menyebut mahasiswa bisa menyebarluaskan penggunaan aplikasi LAPOR! kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga sarana edukasi kepada masyarakat dan mahasiswa tentang cara menyampaikan aspirasi secara online,” ujarnya.

Menurutnya program ini juga sejalan dengan visi-misinya ketika maju menjadi rektor USU.

”Kita punya slogan ‘Dengarkan dan kerjakan’,” tukasnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pembangunan Aset SDA Sumut, Agus Tripriyono, mengapresiasi kegiatan tersebut.

Disebutkannya Pemprovsu sangat mengapresiasi aplikasi pengaduan yang diluncurkan itu. Dia berharap pengaduan dan aspirasi masyarakat dapat ditindaklanjuti pemerintah dengan cepat dan sesegera mungkin.

“Semoga pelayanan pemerintah kepada masyarakat itu sebanding dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Turut hadir dalam acara itu Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden , Agung Hardjono, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Wali Kota Medan diwakili Kadis Kominfo Zain Noval, dan Konsulat AS untuk Sumut Jessica Panchutha serta perwakilan dari USAID. (rm-04)