Medan | rakyatmedan – Selama 35 tahun berdiri belum pernah sekalipun pejabat yang meluangkan waktunya untuk datang sekaligus melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Masjid Al Ikhlas Jalan Cendrawasih, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Oleh karenanya seluruh jamaah sempat tidak percaya ketika melihat Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi hadir dan melaksanakan Shalat Jumat berjamaah.

Namun setelah melihat kedatangan Akhyar didampingi Kabag Agama Setdako Medan Adlan dan Camat Medan Tuntungan Tofan Ginting beserta sejumlah lurah dan jajaran Kecamatan Medan Tuntungan, rasa ketidakpercayaan jamaah sontak hilang dan berubah menjadi kegembiraan yang luar biasa. Mereka pun menyambut Akhyar dengan penuh suka cita. Sebab, inilah kali pertama dari sejarah berdirinya Masjid Al Ikhlas didatangi pejabat setingkat walikota.

Kedatangan Akhyar untuk melaksanakan Safari Jumat. Namun kedatangannya sengaja tidak diberitahukan, usai melaksanakan jalan santai bersama Wakil Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat, Jessica Panchata dan unsur International Organization for Migration (IOM) sekaligus penanaman 1000 pohon di bantaran Sungai Belawan Jalan Lingkar Tani Lingkungan IV, Kelurahan Baru Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan, Akhyar pun mendatangi Masjid Al Ikhlas untuk Safari Jumat sekaligus shalat berjamaah dengan warga.

Sebelum Safari Jumat, Akhyar lebih dahulu melaksanakan Shalat Jumat berjamaah. Al Ustadz Abdul Roni SAg bertindak sebagai khatib sekaligus imam dan diikuti seratusan jamaah.

Usai shalat, Akhyar menjelaskan, Safari Jumat yang dilakukan itu sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga tidak ada jarak antara pimpinan dengan warga.

“Apabila masyarakat sudah merasa dekat, insya Allah mereka akan dengan ikhlas mendukung seluruh program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan, terutama menjadikan Medan bersih sampah yang saat ini menjadi fokus utama Pemko Medan. Jika seluruh masyarakat mendukung, Medan bersih sampah bukan mimpi lagi,” kata Akhyar.

Di kesempatan itu, Akhyar memberikan bantuan dari Pemko Medan sebesar Rp40 juta kepada Ketua BKM Masjid Al Ikhlas Amran Hayat SH.

Dikatakan Akhyar, bantuan yang diterima berikan itu bukan uang Walikota Medan melainkan uang seluruh masyarakat Kota Medan. (rm-05)