Prof Zulkarnain: STIE Tricom Siap Lahirkan Pemimpin Gunakan Hati

135604

Medan I rakyatmedan -Mahasiswa – mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tricom merupakan calon – calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Namun untuk menjadi pemimpin tidak lah mudah, seperti membalikan telapak tangan.

Ketua STIE Tricom Medan, Prof Ir H Zulkarnain Lubis MS PhD menyebutkan ada proses kedewasaan yang harus dihadapi dan dijalani untuk menempati posisi sebagai seorang pemimpin sejati.

“Kita semua dilahirkan sebenarnya sebagai pemimpin. Minimal memimpin diri kita sendiri atau di dalam sebuah keluarga,” ujar Prof Zulkarnain Lubis, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Zulkarnain pada kuliah umum bertemakan ‘EQ dan SQ dan Memimpin Dengan Hati’ di kampus STIE Tricom, pemimpin harus memiliki tujuan dan juga memahami tujuan.

Pada kuliah umum yang setiap bulan diperuntukan bagi mahasiswa-mahasiswi STIE Tricom itu dihadiri Usli Sarsi selaku Ketua Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom, para Wakil Ketua STIE Tricom, Dekan dan Dosen serta puluhan mahasiswa berbagai jurusan.

Disebutkan Zulkarnain Lubis, pemimpin sejati adalah yang memiliki tujuan (purpose).

Untuk mencapai tujuan tersebut harus dilakukan dengan penuh gairah (passion), membentuk dan menerapkan nilai-nilai (value) yang tergambar dari perilaku sang pemimpin.

Selain itu menggunakan hati dengan penuh kasih sayang maupun mempunyai hubungan yang mesra dengan semua pihak.

“Karakteristik tersebut mencerminkan sosok pemimpin yang sejati,” ucap Prof Zul, sapaan akrabnya.

Sosok pemimpin idealnya, tambah Prof Zul mengutamakan hati. Artinya, karakter yang memimpin dengan hati dipastikan memiliki kecerdasan tanpa harus membuat orang lain malu; cepat bertindak sekaligus sabar; sangat berani namun penuh pertimbangan; tegas dan disiplin tetap tidak menyeramkan; rasional sekaligus religius; memiliki banyak kesibukan tapi bersahabat dan kekeluargaan

Prof Zul menambahkan, pemimpin yang menggunakan hati cenderung mengajak terwujudnya keadilan, kejujuran, kebersamaan, kepedulian, tenggang rasa dan apresiatif.

Ia berharap, sosok pemimpin sejati yang menggunakan hati ‘terlahir’ dari lingkungan kampus STIE Tricom, yang akan membawa bangsa ini maju, berkembang dan lebih baik lagi. ( rm-04)