SERAHKAN PIAGAM Kepala LLDikti Prof Dian Armanto menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum.
SERAHKAN PIAGAM Kepala LLDikti Prof Dian Armanto menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum.

Medan Irakyatmedan – Universitas Dharmawangsa (Undhar) raih penghargaan Standar I dan VI perguruan tinggi swasta terbaik versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara 2019.

“Kami bangga dan terimakasih atas kepercayaan dan penghargaan yang diberikan langsung Kepala LLDikti Prof Dr Dian Armanto Phd,” kata Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum di ruang kerjanya kampus Undhar Jalan Yos Sudarso Medan, Senin (13/1/2020)

Disebutkan Kusbianto penghargaan tersebut diberikan pada Sosialisasi dan Evaluasi Monitoring Mutu belum lama ini di Hotel Santika Medan.

Dijelaskannya, penilaian untuk
Standar I meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Sedangkan standar VI meliputi pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.

“Pencapaian ini diraih berkat mutu yg sudah teruji dan hasil evaluasi dari tim eksternal LLDikti Wilayah I bahwa Undhar adalah perguruan tinggi yang sehat dan bermutu,” tutur Kusbianto

Diungkapkannya, Undhar termasuk dalam lima besar terbaik dari 226 perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara dengan meraih penghargaan atas dua kategori standard penilaian itu.

Tujuh standard penilaian yang digunakan LLDikti Wilayah I Sumut mengacu pada standard akreditasi perguruan tinggi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Tujuh standard yang menjadi indikator penilaian meliputi standard  visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Kedua, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Ketiga, kemahasiswaan dan alumni.

Standar ke-empat, sumber daya manusia. Standar kelima, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Standar keenam pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.

Standar ketujuh, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
Kusbianto juga mengatakan, prestasi yang diraih perguruan tinggi yang dipimpinnya merupakan hasil pendampingan yang selama ini dilakukan pihak LLDikti Wilayah I Sumut.

“Prestasi yang diraih Undhar selama ini tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan LLDikti Wilayah I Sumut,” ujarnya.

Selain itu tentu, tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh  sivitas akademika yang bahu membahu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan  sesuai kriteria standard  Monev Mutu Tri Darma Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah I Sumut.

Menurutnya pestasi yang diraih Undhar sekaligus menjadi motivasi tersendiri bagi Undhar dalam menghadapi akreditasi perguruan tinggi 3.0 dan akreditasi program studi 4.0 yang memiliki sembilan standard.

Undhar kata Kusbianto patut mendapat penghargaan standar I dan VI itu lantaran visi, misi dan tujuan serta sasarannya sudah teruji. Itu dapat dilihat dari dokumen Undhr yang punya visi misi dan menerapkannya ke dalam rencana induk pengembangan.

“Visi Undhar menciptakan sarjana yang berorientasi kepada kewirausahaan. Jadi, visi misi dan tujuan Undhar sudah mengarah sasaran yang jelas,” tukasnya.

Sementara itu, kata Kusbianto, luaran (alumni) Undhar memiliki skill dan kemampuan sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

“Sarjana dari Undhar mampu bersaing dengan visi misi itu,” ujarnya.

Terkait standar VI meliputi pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, Kusbianto menuturkan dilihat dari sistem pembiayaan dalam proses tridharma, belajar mengajar baik dosen maupun mahasiswa, sudah sangat baik.

Demikian juga dengan sarana dan prasarana kampus. Gedung perkuliahan berada di posisi strategis di ibu kota provinsi, menjadi tolok ukur juga.

Selain itu, jaringan teknologi informasi Undhar sudah bagus dan memadai.

“Undhar punya website, dan sistem akademik dilakukan secara online

Kusbianto berharap LLDikti menggelar event Sosialisasi dan Evaluasi Monitoring Mutu seperti itu sehingga dapat menjadi motivasi bagi perguruan tinggi di wilayah Sumut.

Menurutnya, penyelenggaraan event itu sebagai wujud akuntabilitas atau pertanggungjawaban LLDikti Sumut kepada pemerintah, masyarakat dan mahasiswa.

Masyarakat pun terarah dalam memeroleh informasi. Selain itu para pengguna (stakeholder), baik swasta maupun pemerintah bisa lihat kualitas perguruan tinggi ketika menampung atau merekrut tenaga sarjana.

“Ini salah satu wujud program pemerintah bagaimana meningkatkan SDM ke depan. Ini merupakan eksyen dari LLDikti dalam mengaplikasikan era industri 4.0,” ujarnya.

Kepala LLDikti Prof Dian Armanto, Phd mengungkapkan, pemberian penghargaan kepada perguruan tinggi swasta yang konsisten dan komitmen dalam penerapan sistem penjaminan mutu dimaksudkan sebagai motivasi.

“Diharapkan dengan pemberian penghargaan Monev Mutu LLDikti akan menjadi motivasi bagi perguruan tinggi swasta untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan pendidikan terbaik,” katanya.

Dian Armanto menegaskan, kriteria penilaian perguruan tinggi ke depan akan semakin ketat sehingga perguruan tinggi dituntut benar-benar bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Kepala LLDikti Wilayah I ini meminta Undhar tidak merasa cepat puas dengan prestasi demi prestasi yang diraih. Menurutnya pemberian penghargaan sendiri bisa jadi motivasi untuk melanjutkan  prestasi ke depannya. (rm-04)