Swedia Jajaki Kerjasama Pengembangan Transportasi Publik dengan Sumut

98225

Medan | rakyatmedan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia di Ruang Kaharuddin, Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (28/1). Kunjungan dalam rangka menjajaki ragam kerjasama dengan fokus utama di bidang transportasi publik.

Diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprov Sumut Arsyad Lubis, rombongan kedutaan terdiri dari Trade Comissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar serta rombongan delegasi pengusaha yang bergerak di bidang transportasi dan perencanaan kota yang bersifat ramah lingkungan.

“Kami selaku Pemprov Sumut sangat menyambut baik kedatangan dan niatan dari Pemerintah Swedia untuk menjalin kerja sama. Karena memang saat ini, Pemprov Sumut sedang gencar melakukan pembangunan dan apa yang ditawarkan memang banyak yang sesuai dengan rencana pembangunan kita,” ujar Arsyad.

Pertemuan diawali dengan perkenalan delegasi Swedia dan jajaran Pemprov Sumut. Kemudian, kedua belah pihak memaparkan terkait potensi-potensi bidang yang bisa dikerjasamakan.

Untuk masalah transportasi diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Nasution bahwa mobilitas yang semakin meningkat namun belum didukung dengan infrastruktur jalan dan moda transportasi umum yang nyaman dan memadai.

“Swedia merupakan salah satu negara yang aman dan nyaman di Eropa. Salah satunya karena didukung teknologi transportasi dan perencanaan kota yang baik. Untuk itu, kita harapkan Pemerintah Swedia bisa berbagi pengalaman terkait pengembangan urban transportation sehingga bisa kita terapkan di Sumut,” ujar Abdul Haris.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua turut menambahkan, sektor pariwisata perlu didukung dengan infrastruktur transportasi yang baik. Apalagi di Sumut terdapat destinasi super prioritas yakni Danau Toba.

Trade Comissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar mengucapkan terima kasih atas sambutan yang ia dan rombongan terima. Erik menyampaikan, tujuan kunjungan adalah untuk menjajaki kerjasama khususnya di bidang transportasi publik dan pengelolaan sampah.

“Setelah mendengar pemaparan dari Bapak dan Ibu, Saya merasa begitu banyak yang bisa kita kerjasamakan di masa depan. Apalagi terkait sektor pariwisata. Kami tadi sangat tertarik untuk terlibat mendukung tourism goals di Sumut. Namun saat ini fokusnya adalah transportasi dulu. Untuk itu kami membawa sejumlah ahli dan pengusaha yang berpengalaman di bidang tersebut,” jelas Erik.

Sebagai tindak lanjut dari penjajakan kata Erik akan ada workshop teknis yang juga didukung Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Sumut di Grand Aston Medan. Usai pertemuan untuk membahas lebih mendalam tentang masalah dan solusi serta potensi-potensi investasi dari Swedia untuk Sumut.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, mewakili Pemko Medan, mewakili Pemko Binjai dan mewakili Pemkab Deliserdang. Kedubes Swedia membawa rombongan delegasi pengusaha dan ahli yakni Regional Director Volvo Mats Nilsson, Country Director Volvo Himawa Kunto, Presiden Direktur KJF Ola Jemberg, dan Presiden Direktur Gunnebo Narinder Arora. (rm-06)