MTQ ke 53 Tingkat Kecamatan, Momentum Ibadah dalam Mencari Berkah Allah SWT

93718

Medan | rakyatmedan – Plt Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar menghadiri Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 53 tingkat Kecamatan di halaman Gedung Serbaguna Mesjid Al Ma’ruf Jalan Sidorukun Kelurahan Pulo Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur, Selasa (28/1).

Pembukaan MTQ ini diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti ratusan orang peserta yang merupakan perwakilan dari setiap kelurahan yang berada di Kecamatan Medan Timur. Qari atau qariah yang berhasil keluar menjadi pemenang nantinya akan mewakili Kecamatan Medan Timur untuk mengikuti MTQ tingkat Kota Medan yang akan digelar bulan depan di Jalan Bunga Raya Kelurahan Asam Kumbang Kecamatan Medan Selayang.

Usai menghadiri acara tersebut Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar mengatakan kegiatan MTQ ini untuk meningkatkan minat membaca kitab suci, termasuk untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta merupakan suatu bentuk syiar Islam sekaligus untuk mempersiapkan qori dan qoriah guna berlaga pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Nurul mengaku sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya MTQ ini, sebab melalui MTQ ini akan terjaring para qori dan qoriah yang berprestasi dan akan mewakili Kecamatan Medan Timur untuk mengikuti MTQ ditingkat yang lebih tinggi lagi yaitu tingkat Kota Medan, Provinsi ataupun Nasional.

Selain itu, Nurul juga menginginkan agar yang bertanding dalam MTQ ini adalah qori dan qoriah asli Kecamatan Medan Timur bukan yang diambil dari luar Kecamatan.

Diakhir sambutannya Nurul berharap MTQ ini dapat menjadi output dari kegiatan atau program maghrib mengaji yang selama ini sudah diterapkan oleh Pemko Medan sehingga menjadi momentum ibadah dalam mencari berkah Allah SWT.

Sebelumnya, Dalam laporannya Camat Medan Timur Ody Batubara, MTQ ini digelar untuk meningkatkan kecintaan kepada Alquran dan menjadikan insan yang berpedoman dengan Alquran.

Disamping itu, jelas Ody, pelaksanaan MTQ ini sekaligus untuk mencari bibit-bibit qari dan qariah sebagai motivator bagi yg lainnya agar tetap mencintai dan mempelajari Alquran.

“Kita harapkan nantinya qari dan qoriah kita ini dapat menjadi juara di event MTQ yang berikutnya baik ditingkat Kota, Provinsi bahkan Nasional. Serta melalui MTQ ini dapat melahirkan generasi penerus yang cinta Alquran,” sebut Ody. (rm-05)