Aplikasi Google News. (CNET)
Aplikasi Google News. (CNET)

Jakarta | rakyatmedan – Aplikasi Google tampaknya memiliki bug yang harus diperbaiki. Ditemukan fakta bahwa Google News menyedot kuota data internet penggunannya hingga belasan gigabyte.

Dikutip dari The Verge, hal ini dilaporkan pertama kali oleh pengguna Android bernama Zach Dowdle yang mengunggah laporannya ke situs Google News Help Forum sejak bulan Juni lalu.

Dari fakta yang dikirimkan Dowdle kepada The Verge, dia melaporkan bahwa aplikasi Google News di smartphone miliknya diam-diam menyedot kuota yang terus meningkat hingga belasan gigabyte baik dengan koneksi seluler maupun Wi-Fi.

Lampiran yang diberikan Dowdle memeprlihatkan bahwa konsumsi data aplikasi google News dari tanggal 27 Agustus hingga 24 September 2018 sebesar 21,16 GB. Kemudian dari tanggal 24 September hinga 22 Oktober konsumsi datanya terus meningkat, sebanyak 5,49 GB dengan koneksi WiFi.

Sementara saat menggunakan koneksi seluler dari tanggal 26 Agustus hingga 26 September 2018, konsumsinya cukup besar meskipun tidak signifikan, 2,88 GB dan meroket dari tanggal 26 September hingga saat ini sudah mencapai 9,86 GB.

Di situs Google News Help Forum, ternyata banyak pengguna lain yang juga mengeluhkan hal sama. Pihak Google angkat bicara dengan menyatakan segera melakukan investigasi terhadap kasus ini. Sejauh ini belum ada solusi atas kasus tersebut.

Satu-satunya cara untuk memastikan hal ini adalah dengan masuk ke pengaturan aplikasi di smartphone dan menonaktifkan aplikasi Google News yang berjalan di background system. Aplikasi Google News sendiri hadir sebagai aplikasi dan fitur bawaan dari Google di smartphone Android.