LLDikti: Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera 2020 Ajang Siswa Pilih Kampus Legal

51894

Medan I rakyatmedan-Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumarera Utara bekerjasama dengan PT Antar Dua Niaga menggelar Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera 2020 di Mall Ringroad Citywalks, Jalan Gagak Hitam Medan.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya di Sumut agar lebih cerdas dan selektif memilih kampus yang sehat dan legal,” kata Kepala LLDikti Wilayah I Prof Dian Armanto, Rabu (19/2/2020).

Diakui Dian penerimaan mahasiswa baru akan dimulai beberapa bulan ke depan. Namun para pelajar SMA sederajat dari sekarang sudah bisa mengenal dan mengetahui kampus yang akan dimasukinya melalui pameran pendidikan ini.

Pameran pendidikan ini kata Dian selain sebagai wadah mengenalkan perguruan tinggi juga menginformasikan legalitas institusi kepada masyarakat dan calon mahasiswa tentang perguruan tinggi yang sehat dan punya izin
serta akreditasinya.

Menurut Dian, kriteria PTS sehat itu antara lain memiliki izin pem­bukaan program studi dari Kemdikbud dan terakreditasi BAN-PT, memiliki statuta perguruan tinggi, memiliki rencana strategis perguruan tinggi, memiliki dan men­jalankan standar dalam bidang akademik dan non-akademik.

Selain itu, PTS harus melaporkan kegiatan proses pembelajaran seluruh program studi setiap semester ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Ditjen Dikti, Kemdikbud, tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam suatu program studi tanpa izin dari Kemdikbud, termasuk kelas jauh.

Kriteria lainnya PTS itu diselenggarakan yayasan dan tidak sedang konflik kelembagaan, baik secara internal maupun eksternal perguruan tinggi.

Pada pembukaan Pekan Pendidikan Tinggi itu, Dian menuturkan LLDikti Wilayah I berterimakasih kepada
PT Antar Dua Niaga selaku event organizer menggelar pameran pendidikan yang diikuti 18 PTN/PTS lokal dan nasional.

Menurutnya pihak event organizer tersebut turut membantu pemerintah memberitahu kepada masyarakat bahwa kampus yang layak dan benar itu seperti apa.

Dian menyebutkan, sebanyak 226 PTS (perguruan tinggi swasta) terdaftar di Sumut masuk dalam kategori sehat, diharapkan bisa mempromosikan diri.

Untuk itu, LLDikti Wilayah I mengapresiasi PTS yang ikut dalam ajang itu lantaran bisa membantu masyarakat mengetahui perguruan tinggi yang sehat dan legal.

Meski di ajang ini hanya beberapa PTS yang turut dalam pameran, Dian berharap ke depannya mampu memotivasi yang lainnya untuk berpartisipasi.

“Dengan ajang ini maka calon mahasiswa tak perlu ke luar Sumut untuk cari PTS yang bagus. Kita punya perguruan tinggi yang bagus di Sumatera Utara,” tukasnya.

Sementara Ketua panitia selaku event organizer dari PT Antar Dua Niaga Hendra Ilyas, menyebutkan Pekan Pendidikan Tinggi digelar ke 8 ini berlangsung pada 11 – 13 Februari 2020.

“Pekan pendidikan ini merupakan kerjasama dengan LLDikt untuk turut membantu pemerintah dalam menyampaikan keberadaan PTS yabg sehat dan legal di Sumut,” kata Hendra.

Menurut Hendra, di pameran ini pelajar bisa lebih mengenal kampus idamannya nanti karena di ajang tersebut disuguhkan karya inovatif mahasiswa dan keunggulan produk perguruan tingginya.

Selain itu, pada Pekan Pendidikan Tinggi ini juga sebagai ajang kreasi pelajar dengan menampilkan perlombaan seni antar pelajar.

“Pameran perguruan tinggi dan lembaga pendidikan ini juga sebagai sarana pelatihan ajang kreasi pelajar se-Sumatera,” kata Hendra Ilyas.

Adapun 18 perguruan tinggi yang berpartisipasi sebagai peserta pameran itu adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Pembangunan Pancabudi (Unpab).

Kemudian Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, STIKes Binalita Sudama, STIM Sukma Medan, Universitas Potensi Utama, Universitas HKBP Nommensen, Politeknik Negeri Media Kreatif, Universitas Tjut Nyak Dhien dan APP APIPSU, Universitas Santo Thomas, Universitas Asahan.

Selain diikuti perguruan tinggi di Sumut, pameran ini juga diikuti Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Caltex Riau, Universitas Kristen Indonesia (UKI), dan Politeknik Penerbangan Medan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI. (rm-04)