Rektor Unimed Lantik 910 Lulusan Siap Wujudkan Indonesia Maju

93991

Medan I rakyatmedan-RektorUniversitas Negeri Medan (Unimed) Dr. Syamsul Gultom SKM MKes mewisuda 910 lulusan di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (26/2/2020).

Dalam arahannya Rektor Dr. Syamsul Gultom SKM MKes mengatakan wisuda merupakan titik awal perjuangan dalam mengimplementasikan ilmu yang diterima selama di kampus untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir dalam meraih masa depan yang baik.

Di era revolusi industri 4.0 ini, katanya pemerintah menetapkan roadmap “Making Indonesia 4.0” dimana semuanya akan menggunakan digitalisasi.

Untuk itulah agar lulusan dapat bersaing di era ini, Unimed memberikan ilmu kepada para lulusannya lewat pembelajaran berbasis digital dan IT, sehingga dapat menjadi generasi masa depan yang dapat memperkuat negara dalam mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju

“Setelah diwisuda saya berharap agar terus memperkuat skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era industry 4.0,” kata Syamsul.

Disebutkan Syamsul, ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk bersaing di era 4.0. Pertama meningkatkan ketrampilan diri untuk penggunana IoT.

Kedua harus dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing sehingga mampu menembus pasar kerja internasional

Langkah ketiga harus dapat melakukan inovasi teknologi dengan mengembangkan startup.

“Ambilah langkah dan jadilah pembuat solusi untuk menutaskan persoalan bangsa,” ujar Dr. Syamsul.

Rektor juga menjelaskan Unimed akan menerapkan konsep “Merdeka Belajar” yang diusungKemendikbud.

Mahasiswa baru Unimed pada 2020 akan diberi pilihan 3 semester di luar prodi yang diambilnya, yakni 1 semester di prodi lain pada PT yang sama, 1 semester pada prodi yang sama di PT yang lain dan 1 semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan, dunia industry dan dunia kerja lainnya.

“Ini dilakukan agar lulusan memiliki ilmu dan skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga begitu tamat lulusan mudah mendapatkan pekerjaan yang terbaik bagi dirinya,” demikian kata Syamsul.

Dari 910 lulusan itu terdiri FIP 38 orang, FBS 245, FIS 62, FMIPA 157, FT 81, FIK 101, FIK 101 dan PPs 122 orang
( rm-04)