Cegah Corona, Rektor USU Keluarkan SE Perkuliahan secara Online

91897

Medan I rakyatmedan –Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu SH M Hum mengeluarkan surat edaran dengan Nomor: 3195/UN5.1.R/KPM/2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan sistem belajar mengajar secara online.

“Terhitung sejak Selasa, 17 Maret 2020 hingga waktu yang akan ditentukan. Kemudian mengubah kegiatan belajar mengajar dari bentuk tatap muka menjadi secara daring,” jelas Runtung, Senin (16/3/2020)

Runtung menjelaskan pelaksanaan bimbingan tugas akhir dapat dilaksanakan secara daring atau online berupa E-Learning, Vi-Learning, Mailing List.

Rektor meminta kepada Pimpinan Fakultas dan Program Studi memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen dan mahasiswa untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring tersebut.

Hal itu, kata Runtung sesual dengan petunjuk dan pedoman yang dittelapkan Pemerintah Republik Indonesia (cq.Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), dan pengalaman berbagai negara menghadapinya.

“Pimpinan USU merasa perlu untuk menetapkan langkah langkah lebih lanjut untuk kewaspadaan dan mencegah penyebaran infeksi COVID 19 di Lingkungan Kampus USU‎,” kata Runtung.

Rektor jga mengimbau kepada seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan USU untuk menunda atau membatalkan penyelenggaran berbagai kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang.

“Jika kegiatan tersebut karena sesuatu hal tidak dapat ditunda atau dibatalkan lagl. Maka kegiatan diselenggarakan harus menerapkan tindak kewaspadaan dan pencegahan Covid-19,” tutur Runtung.

USU juga melarang sementara kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk sementara tidak mengujungi negara-negara yang terjangkit virus berasal Kota Wuhan, China.

“Dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan USU yang mengalami gejala infeksi COVID 19 atau ada anggota keluarga serumah yang mengalami gejala tersebut diminta untuk melapor pada Satuan Tugas Siaga COVID 19 USU,” tegasnya. ( rm -04)